Selasa, 22 Oktober 2013 - 21:20:30 WIB
Pemkab Inhu Sosialisasikan Tiga Program OGI
Diposting oleh : zaki

Rengat -  Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar sosialisasi Program Open Goverment Indonesia (OGI), Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) dan pelaksanaan Program Lapor!, Rabu (16/10) lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Gerbangsari Pematang Reba dan diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terdiri dari Kepala SKPD, Sekretaris SKPD dan dua Staff PNS SKPD yang ditunjuk sebagai Operator dan 14 orang Camat,Sekcam dan dua orang Staff PNS yang ditunjuk sebagai Operator.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Raja Erisman didampingi Kepala Bagian Humas Setdakab Inhu,Jawalter, kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar seluruh Kepala SKPD, Sekretaris SKPD dan dua Staff PNS SKPD yang ditunjuk sebagai Operator dan 14 orang Camat,Sekcam dan dua orang Staff PNS yang ditunjuk sebagai Operator dapat memahami 3 program yang sudah yang sudah dicanangkan Pemkab Inhu ini.

Dikatakan Sekda, tujuan dari dilaksanakan program OGI ini sebagai peningkatan kualitas layanan publik, peningkatan integritas publik, peningkatan efektivitas pengelolaan sumber daya dan peningkatan lingkungan yang lebih aman.

Selanjutnya,pembentukan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kabupaten Indragiri Hulu merupakan tindaklanjuti dari undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi public. Dan PP nomor 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan undang undang nomor 14 tahun 2008.

kemudian, mengenai Program Lapor!, Raja Erisman Menyatakan, Program LAPOR! ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi dan pengaduan langsung ke Bupati Inhu, Bagi Masyarakat Yang ingin melapor cukup mengetik SMS ke 1708 atau melalui website www.lapor.ukp.go.id.

Program  LAPOR ini merupakan bentuk komitmen Bupati Inhu Yopi Arianto untuk menampung seluruh aspirasi dan pengaduan dari masyarakat, sekaligus upaya mewujudkan pemerintahan bersih dan transparan.

Program ini merupakan bagian dari pelaksanaan Open Government Indonesia (OGI) yang difasilitasi Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Dijelaskan Sekda, program LAPOR! akan menerima semua aspirasi dan pengaduan yang berhubungan dengan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan pemerintah. Seluruh aspirasi dan pengaduan yang dikirim oleh masyarakat akan dijawab melalui SMS atau website. Bahkan jika melalui website data pendukung dari aspirasi dan pengaduan akan ikut dilampirkan. “Aspirasi dan pengaduan yang akan dijawab hanya yang relevan dengan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Inhu dan tidak mengandung unsur fitnah dan SARA. Aspirasi dan pengaduan masyarakat itu juga akan dipublikasikan di website,” ucap Jawalter menambahkan.

Ditambahkan Sekda, Sasaran Program OGI yang sudah disepakati dan ditandatangani dengan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) adalah pembentukan  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kab Inhu, OPEN SCHOOL. Dimana program di bidang pendidikan ini memberikan transparansi bagi masyarakat dalam mengawasi pendidikan di Inhu, khususnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sehingga efektifitas dan efisiensi BOS tersebut dapat lebih meningkat.

Selain itu juga dilaksanakan Transparansi bidang kesehatan yang akan menitikberatkan pada sosialisasi program-program pelayanan kesehatan nasional dan daerah, yang menjelasan tentang alur pelayanan kesehatan, hak dan kewajiban pemerintah serta masyarakat dalam bidang kesehatan

“saya berharap kepada seluruh Peserta sosialisasi untuk mendukung 3 program yang sudah dicanangkan Pemkab Inhu,apalagi Kabupaten Inhu merupakan salah satu daerah Kabupaten di Propinsi Riau yang menjadi daerah percontohan “ tegas Raja Erisman. (MC Riau/Ana)



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)