Selasa, 11 Juni 2013 - 08:22:19 WIB
Wabup Siak Buka Bimbingan Teknis dan Pendidikan Pelatihan Teknis Perpustakaan
Diposting oleh : irvan

SIAK- Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin kompleks, peran perpustakaan sebagai suatu lembaga yang menyediakan dan menyajikan informasi menjadi sangat penting, dimana informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat.

Demikian hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Siak  Alfedri pada saat membuka sekaligus menjadi narasumber Bimbingan Teknis dan Pendidikan Pelatihan Teknis Perspustakaan bagi petugas pustaka Desa dan petugas pustaka sekolah se Kabupaten Siak di Hotel Grand Mempura, Senin  (10/6).

Menurut Alfedri bahwa membangun perpustakaan bukan berarti mendirikan bangunan perpustakaan lengkap dengan isi dan segala fasilitasnya, akan tetapi lebih tepat diartikan sebagai usaha menyediakan wadah yang berisi bahan bacaan dan informasi bagi masyarakat umum.

"Mengelola perpustakaan lebih dipentingkan pada bagaimana kita dapat selalu memberikan layanan informasi/baca dengan mudah, cepat dan tepat,"ujarnya. Perpustakaan baru dapat dirasakan keberadaannya apabila setiap informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat dipenuhi dengan cepat dan tepat melalui layanan perpustakaan.

Pada tingkat ini peran pustakawan menjadi sangat strategis karena melalui pelayanan yang diberikan oleh seorang pustakawan diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat dan gemar membaca masyarakat.

Dia berharap kepada para peserta dapat mencerna materi yang disampaikan dan dapat bertanya kepada narasumber serta memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang tukar fikiran dalam hal kepustakawan.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak  Herayulwita mengatakan;  orang perpustakaan adalah orang-orang yang ceria. Pentingnya keberadaan perpustakaan desa di masyarakat, memang perlu meluangkan waktu, tenaga dan pikiran ekstra untuk menumbuhkan dan membangun perpustakaan desa. Namun itu merupakan tantangan tersendiri bagi desa untuk mencerdaskan masyarakat, menumbuhkan minat baca dan memberdayakan potensi masyarakat melalui perpustakaan desa.

Dari 70 jumlah pustaka Desa hanya 32 desa yang aktif, Untuk itu, dengan adanya Bimtek ini diharapkan dapat memberi informasi dan berbagi ilmu kepada pengelola perpustakaan desa sehingga dapat mengelola bahan pustaka dengan tepat, benar dan sesuai standar perpustakaan. ( MC Riau )


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)