Jumat, 06 September 2013 - 08:37:09 WIB
Budidaya Ikan di Siak Meningkat
Diposting oleh : irvan

SIAK- Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati mengatakan minat masyarakat Kabupaten Siak membudidayakan ikan semakin meningkat.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah rumah tangga perikanan pada tahun 2011 adalah 1277 KK, pada tahun 2012 mengalami peningkatan 1354 KK.Untuk tahun 1013, sebanyak 75 proposal mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah untuk mengembangkan perikanan.

Dikatakan Susi luas lahan budidaya ikan mengalami penurunan, dari 64,54 Ha menjadi 61,5 Ha, akan tetapi produksi ikan meningkat cukup signifikan, mencapai 21,57 persen, dari 702 ton menjadi 854,14 ton.

" Selain budidaya di kolam, wilayah kabupaten Siak juga memiliki potensi pengembangan budidaya keramba, model ini sudah dimulai di Kecamatan Minas, Kotogasib, Mempura dan Sungai Mandau,"jelasnya.

Untuk memacu perikanan dan meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Siak tambahnya lagi, bentuklah Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Siak.Tujuannya untuk mengkampayekan gerakan makan ikan, yang memiliki dua peran strategis dalam pengembangan ikan.

Kedua peranan tersebut yakni meningkatkan  produksi ikan yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan untuk mendorong kualitas sumberdaya manusia melalui asupan protein yang bersumber dari ikan. (MC Riau)


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)