Senin, 28 Dzulqo'dah 1438 H | 21 Agustus 2017

Pekanbaru - Acara Berani Gundul yang ditaja oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Riau, di Mal Ciputra, Ahad (26/2), merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kanker Anak Internasional 2017. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua YKAKI Riau, Elvi Riawati.

"Aksi Berani Gundul bertujuan memberikan dukungan secara visual kepada anak-anak penderita kanker," ujar Elvi.

Dengan berani gundul, dikatakan Elvi bahwa menunjukkan empati pada anak-anak penderita kanker yang mengalami kerontokan rambut akibat kemoterapi. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa YKAKI yang didirikan di Jakarta sepuluh tahun yang lalu ini sudah ada di 8 Provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Riau.

YKAKI Riau sendiri hadir sejak 5 Maret 2015 yang lalu dengan misi mengelola rumah singgah yang didukung oleh Alfamart untuk menampung anak-anak penderita kanker di Provinsi Riau.

Selain itu YKAKI Riau juga menyediakan sekolah untuk anak-anak penderita kanker agar pendidikan mereka tidak terputus karena kemoterapi yang mereka jalani selama 2 tahun atau lebih.

Awalnya hanya ada 6 anak penderita kanker yang ditampung di Rumah Singgah YKAKI Riau yang terletak di Jalan Kartini Nomor 56 A. Namun saat ini hampir 80 anak yang sudah pihaknya tampung.

"Tak hanya berasal dari Provinsi Riau, tapi juga dari provinsi tetangga, seperti Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Kepulauan Riau," ungkap Elvi.

Ia juga berharap agar kepedulian masyarakat bahwa kanker dapat disembuhkan akan semakin meningkat, karena anaknya yang juga merupakan penderita kanker berhasil survive.

"Mereka butuh support dan motivasi. Bukan hanya obat yang bisa menyembuhkan, namun juga kepedulian dari kita semua. Karena kepedulian tersebut merupakan kunci berhasilnya pengobatan mereka," tutup Elvi. (MC Riau/Zak)

Berita Terkait