Minggu, 28 Syawal 1438 H | 23 Juli 2017

ROKAN HULU-Ratusan Atlet dari 60 madrasah se Kabupaten Rokan Hulu mengikuti pembukaan ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat MTs dan MA di halaman MTsN 3 Rohul, Senin (24/4) pagi.

Aksioma tahun 2017 itu dibuka langsung Kasi Pendis Kemenag Rohul, H Syahruddin, mewakili Plt Kakan Kemenag Rohul, H. Zulkifli Syarif.Menurut Kasi Pendis Kemenag Rohul, H Syahruddin, ajang Aksioma ini merupakan wahana menjalin persatuan antar madrasah serta mencari bibit bibit berprestasi baik dalam bidang olah raga maupun kesenian. 

Nantinya, kata Syahruddin atlet terbaik akan mewakili kabupaten Rokan Hulu dalam ajang serupa tingkat provinsi yang rencananya dilaksanakan di kota Pekanbaru pada 22 Mei 2017 mendatang.

“Pada tahun ini, terdapat perbedaan dalam segi pendanaan pada ajang Aksioma, dimana sebelumnya semua biaya yang timbul ditanggung oleh Kanwil Kemenag Riau, namun sekarang dibebankan oleh daerah masing-masing,” ungkapnya.

Meski demikian, Syahruddin tetap optimis atlet dari kabupaten Rokan Hulu masih bisa mengukir prestasi baik di tingkat provinsi dan Nasional nantinya.“Melalui Aksioma ini, kita targetkan pada aksioma tingkat provinsi nanti atlet Rohul bisa menambah perolehan medali yang sebelumnya hanya 2 emas, bisa meningkat jadi 4 emas,” harapnya. 

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Sirun mengungkapkan pada ajang Aksioma tahun 2017 ini dilaksanakan selama 2 hari mulai 24-25 April 2017 dan diikuti 60 sekolah Madrasah se-kabupaten Rokan Hulu, terdiri dari 21 sekolah tingkat MA dan 39 sekolah tingkat MTs.

Dengan cabang lomba yang diperlombakan, untuk Seni, seperti lomba MTQ, Tahfiz, Kaligrafi, dan Madrasah Singer dan untuk olahraga, Badminton Singel putra/i, tenis meja singel putra/i, Futsal, Volly Ball dan Sepak takraw.

"Ini menjadi keikutsertaaan terbanyak semenjak kabupaten ini berdiri, hampir 98 persen semua sekolah di lingkungan Kemenag Rohul mengikuti ajang Aksioma tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, kepala MTsN 3 Rohul, Akhiruddin mengucapkan terimakasih karena telah ditunjuk sebagai tuan rumah Aksioma tahun 2017 ini. Dia berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar hingga selesai.“Kita harapkan atlet-atlet dapat bermian sportif  dan penuh kejujuran. Jangan karena ingin mendapatkan juara, kejujuran kita hilangkan,” harapnya.(MC Riau/sal)

Berita Terkait