Kamis, 27 Ramadhan 1438 H | 22 Juni 2017

DUMAI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Kota Dumai melaksanakan deteksi dini kanker servik pemeriksaan IVA dan Pap Smear sekaligus informasi langsung tentang program JKN-KIS, Selasa.
 
Pemeriksaan IVA/Pap Smear dilakukan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya kanker leher mulut rahim dan jenis penyakit ini sering terjadi pada wanita dan jadi penyebab kematian nomor satu jenis kanker menyerang wanita.
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai Adi Siswadi mengatakan, layanan pemeriksaan IVA/ Pap Smear ini dapat dijamin oleh BPJS Kes dalam rangka memperingati Hari Kartini dan HUT Ke-18 Kota Dumai.
 
"Dengan upaya pencegahan melalui deteksi dini diharapkan dapat menurunkan biaya pelayanan kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan penduduk," kata Adi kepada pers.
 
Dijelaskan, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya, karena jika telah diperiksa dan diperlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai prosedur dan ketentuan berlaku.
 
Sebagai penyelenggara program JKN-KIS, BPJS Kesehatan siap meminimalisir angka penderita kanker serviks, dan pemeriksaan IVA/ Pap Smear tersebut merupakan salah satu dukungan terhadap Implementasi gerakan masyarakat hidup sehat.
 
Pemeriksaan IVA dapat dilakukan di semua fasilitas kesehatan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan cabang Dumai, tersebar di 5 kabupaten kota yaitu Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti.
 
"Khusus untuk pap smear, pemeriksaan dilaksanakan di laboratorium thamrin dan semua persyaratan sama yaitu cukup dengan menunjukkan kartu kepesertaan aktif bpjs kesehatan," sebutnya.
 
Kegiatan dibuka oleh Ketua TP-PKK Dumai Hj Haslinar dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal ini sebelumnya juga dilaksanakan di Kecamatan Perawang Kabupaten Siak pekan lalu. (MC Riau/ar)

Berita Terkait