Senin, 29 Syawal 1438 H | 24 Juli 2017

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau gelar simulasi penyelamatan korban kebakaran yang terjebak di Gedung Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau atau biasa dikenal dengan Gedung Lantai Sembilan.

Aksi kebolehan yang diperlihatkan dalam rangka memperingati hari kesiap-siagaan nasional yang jatuh pada hari ini, diantaranya melakukan penyelamatan korban yang masih terjebak di lantas dasar dan lantai satu dengan cara memakai pakaian khusus anti api serta tabung oksigen karena pekatnya asap.

Selain itu, ada juga aksi pemadaman api dengan menyemprotkan air melalui hidran yang ada di lingkungan Kantor Gubernur Riau. Kemudian aksi tak kalah menarik lainnya, yakni dengan menyelamatkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjebak di lantai atas menggunakan sling atau menggunakan tali untuk menurunkan korban.

Aksi terbilang mendebarkan ini paling banyak mendapatkan perhatian dari ASN dan warga yang menyaksikan aksi simulasi penyelamatan tersebut. Begitu, dua korban berhasil dievakuasi dari ketinggian lantai sembilan tersebut langsung mendapatkan aplus.

Simulasi penyelamatan korban kebakaran ini juga didukung oleh tim pemadam Kebakaran (Damkar), Sentral Komunikasi (Senkom), Palang Merah Indonesia (PMI) beserta tim medis serta dari Praja Muda Kirana (Pramuka).(MC Riau/mtr)

Berita Terkait