Jumat, 28 Ramadhan 1438 H | 23 Juni 2017

Pekanbaru-Dalam rangka meperingati hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2017 Badan penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau (BPBD) melakukan simulasi penanggulangan bencana kebakaran di gedung menara lancang kuning Kantor Gubernur Riau, Rabu (26/4).

Simulasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran melibatkan petugas dari BPBD Riau ada juga dari pemadam Kebakaran (Damkar), Sentral Komunikasi (Senkom), Palang Merah Indonesia (PMI) beserta tim medis serta dari Praja Muda Kirana (Pramuka).

Dari pantauan mediacenter.riau.go.id, dalam simulasi itu, petugas gabungan mengevaluasi pegawai yang terjebak di setiap lantai-lantai gedung manara Lancang Kuning. dan kemudian dievakuasi dan diamankan di tenda halaman Kantor Gubernur Riau, kemudaian dibawa dengan ambulan menuju rumah sakit terdekat.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan bahwa simulasi ini merupakan bentuk kesiapsiagaan petugas dalam menyambut Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2017.

"Dalam simulasi ini, seluruh personil BPBD Riau sebanyak 65 orang diterjunkan kemudian dibantu oleh personil Satpol PP Riau dan Damkar Kota Pekanbaru,"Tambahnya.

Edwar Sanger juga menjelaskan bahwa dalam simulasi ini tim gabungan memperlihatkan simulasi pemadaman api dan evaluasi korban, dengan harapan mampu meningkatkan keahlian personil dalam melakukan penanganan bencana khususnya kebakaran.

Simulasi tersebut, disaksikan oleh ratusan pegawai Pemprov Riau, Termasuk Pj Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger yang sekaligus menjabat kepala BPBD Provinsi Riau ikut menyaksikan langsung simulasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran. (MC Riau/Msa)

Berita Terkait