Kamis, 27 Ramadhan 1438 H | 22 Juni 2017

PEKANBARU - Sebanyak 120 peserta ambil bagian dalam seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat provinsi Riau. Seleksi ini akan memilih wakil Riau yang akan berlomba ditingkat nasional diajang yang sama.

Kabid Pendataan dan Pengembangan Pendidikan Disdik Riau, Ahyu Suhendra, saat membuka kegiatan tersebut Selasa (16/5) menjelaskan bahwa Kegiatan O2SN ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh pihak sekolah.

“Ini menjadi salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan, meningkatkan kemampuan pada peserta didik baik mengenai substansi daya nalar, sikap, dan budi pekerti para peserta didik,” katanya.

Disamping itu, kegiatan ini dapat memberikan wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas.

“Dengan adanya kegiatan ini, mari kita tunjukan bahwa kita adalah anak Riau yang mampu bersaing, anak-anak Riau yang mampu mengharumkan nama Riau ke jenjang yang lebih tinggi,"pungkasnya.

Kegiatan ini juga melibatkan 120 Orang Pelatih, Ketua Tim 12 Orang dan Tim Aju 12 orang. Peserta adalah siswa pemenang tingkat Kabupaten/Kota yang berasal dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Dan akan ada juri/wasit lokal 18 orang, Juri 35 orang dan pembantu juri sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai cabang persatuan olahraga di Pekanbaru.

Peserta olimpiade untuk tingkat nasional, masing-masing cabang berdasarkan penilaian seleksi tingkat Provinsi. Dua orang tiap cabang olahraga, dan untuk provinsi terdiri dari 5 cabang olahraga, dan untuk riau akan mengirimkan 10 orang perwakilan dari lima cabang olahraga untuk tingkat nasional. (MC Riau/mad)

Berita Terkait