Minggu, 28 Syawal 1438 H | 23 Juli 2017

BENGKALIS-Sebanyak 160 atlet dari 10 kabupaten/kota di Riau mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur ke-30 di Bengkalis. Sebagai tuan rumah, Bengkalis siap mempertahankan juara umum yang berhasil direbut tahun lalu.

Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, H Eduar mengapresiasi Kejurprov yang digelar di Bengkalis dalam rangka mencari atlet andal untuk mewakili Provinsi Riau pada Kejurnas yang akan digelar sekitar Juli mendatang.

“Selamat datang di Negeri Junjungan. Mudah-mudahan betah dan nyaman selama berada di 
Bengkalis. Selamat bertanding, raihlah prestasi gemilang demi kesuksesan olahraga ke depan,” sambut Eduar.

Dikatakan, olahraga Catur merupakan olahraga klasik yang suatu masa dulu sangat diminati semua lapisan masyarakat. Seiring perkembangam zaman, olahraga “otak” ini mulai ditinggalkan.

“Ketika anak-anak kita disibukkan oleh gadget (handphone), bermacam aplikasi permainan serta berbagai permainan modern lain, berangsur oahraga catur ini dilupakan. Menjadi tanggungjawab kita untuk kembali memasyarakatkan olahraga ini, karena oahraga catur ini identik dengan permainan anak-anak pintar,” ujar Eduar.

Dalam kesempatan tersebut, Eduar juga menyampaikan bermacam pertandingan yang sering diikuti oleh atlit-atlit Bengkalis ke Malaysia dan Singapura. Selain pertimbangan jarak negara tetangga yang dekat, pertandingan melawan pacatur internasional juga diharapkan bisa mengasah kemampuan dan mental anak-anak.

Terakhir, Eduar mengajak pengurus KONI serta para pengurus cabang olahraga, untuk terus menjayakan olahraga dan membesarkan para atlit dengan raihan prestasi membanggakan.

“Untuk menjadikan olaraga maju dan atlit berprestasi perlu banyak dukungan, salah satunya anggaran atau biaya. Saya berharap kepada kita semua, untuk tidak semata bertumpu kepada APBD, tapi bagaimana melibatkan atau merangkul perusahaan-perusahaan swasta untuk ikut bersama-sama mendukung kejayaan atlet,” harap Eduar.

Sementara Ketua Percasi Kabupaten Bengkalis, H Moh Sukri saat ditemui di Gor Perkasa Alam Sport Hall menyamaikan keyakinannya para atlet Bengkalis mampu mempertahankan juara umum.
Dari 40 atlet yang diturunkan, sekiar 20-an diantaranya diyakini bakal meraih prestasi membanggakan. 

“Kami yakin anak-anak mampu mempertahankan juara umum yang pernah mereka raih. Terlebih saat tanding di Malaysia dan Singapore beberapa waktu lalu anak-anak kita juga berhasil meraih prestasi,” ujar Kadis Kesehatan Bengkalis ini.

Seperti disampaikan Ketua Pelaksana, Syahruddin, event yang akan berlangsung hingga tanggal 25 Mei 2017 mendatang mempertandingkan 16 kategori,  junior A sampai dengan G putra-putri 14 kategori, sedangkan untuk senior dua kategori.

Kejurprov yang digelar di GOR PASH tersebut memperebutkan 13 medali emas, 13 perak dan 13 perunggu.(MC Riau/man)

Berita Terkait