Kamis, 27 Ramadhan 1438 H | 22 Juni 2017

PEKANBARU -  Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama stakeholder terkait, menyusul tingginya kasus HIV/AIDS di Pekanbaru, Selasa (24/5/2017).
 
Sekretaris KPA Kota Pekanbaru Hasan Supriyanto saat ditemui di sela-sela acara mengatakan tujuan rapat ini dalam rangka penyamaan persepsi penanggulangan AIDS termasuk koordinasi pelaksanaan program dan kegiatan di masing-masing instansi.

"Pertemuan koordinasi ini merupakan wujud pelaksanaan Tupoksi KPA yaitu salah satunya adalah peran koordinasi dan fasilitasi sebagaimana amanah Peraturan Presiden dan Peraturan Mendagri yang merupakan dasar pembentukan KPA. Karena upaya penanggulangan memerlukan dukungan dan kerjasama berbagai pihak," kata Hasan.

Ditambahkan Hasan, secara regulasi beberapa kebijakan telah dikeluarkan baik pemerintah pusat maupun pemerintah Kota Pekanbaru. Di tingkat pusat selain Perpres dan Permendagri terdapat beberapa kebijakan lain di tingkat kementerian. 

"Seperti di Kementerian Perhubungan, dimana telah dikeluarkan Instruksi Menteri Perhubungan untuk jajaran di sektor perhubungan. Begitu juga di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi," ujarnya.

Khusus untuk pemerintah daerah, Kementrian Dalam Negeri juga mengeluarkan instruksi Menteri Dalam Negeri yang ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Salah satu instruksi Mendagri yang patut diperhatikan adalah menugaskan Camat, Kepala Desa/Lurah serta RT/RW dan Posyandu agar memberdayakan lembaga kemasyarakatan dan LSM Peduli AIDS secara intensif untuk melaksanakan program atau kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV & AIDS melalui Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) dengan 3 kegiatan masyarakat," ungkapnya.

Hasan kembali menambahkan, kegiatan yang patut dilakukan adalah identifikasi potensi resiko penularan HIV di wilayahnya, melaksanakan edukasi & fasilitasi masyarakat ke pelayanan (minimal ke layanan tes HIV & konseling) dan menjaga ketenangan tanpa stigma & diskriminasi.

"Ke depan diharapkan peran pihak terkait sama-sama bekerja secara bersama sesuai tugas pokok dan funsgi masing-masing. Harapanya tentu dengan semakin banyak pihak yang terlibat, akselerasi penanggulangan AIDS dapat terwujud," tukasnya.(MC Riau/yan)

Berita Terkait