Senin, 1 Syawal 1438 H | 26 Juni 2017

KAMPAR - Ribuan masyarakat Desa Batu Belah, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau memadati dermaga Batu Belah yang menjadi anjungan Balimau Kasai.

Mereka tampak beramai-ramai turun ke sungai Kampar untuk meramaikan tradisi Balimau Kasai tersebut bersama keluarga dan orang terdekatnya, Jumat (26/5/2017).

Balaimau Kasai sendiri merupakan tradisi masyarakat di Kampar yang sudah turun temurun dari nenek moyangnya terdahulu. Bahkan, hampir seluruh wilayah Kampar melaksanakan Balimau Kasai di kampungnya masing-masing.

Balimau Kasai yang artinya mandi dengan menggunakan limau atau jeruk dan wangi-wangian ini dimaksudkan untuk membersihan diri dalam rangka menyambut bulan puasa.

Tak hanya sekedar mandi-mandi, masyarakat juga berhayut menggunakan pelampung ban dari desa ke desa sepanjang aliran sungai Kampar.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Dermaga Batubola (Batu Belah, red) ini kian ramai karena akan dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Kampar yang baru saja dilantik, Azis Zaenal beserta Wakil Bupati Kampar, Catur Sugeng.

Kedatangan Gubernur Riau sebagai pucuk pimpinan di Riau itu pun dimaksudkan sebagai bentuk dorongan pemerintah terhadap daerah yang mulai mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Contohnya seperti tradisi Balimau Kasai ini.

Sebab, berkat ramainya masyarakat yang berkumpul di sepanjang aliran sungai, ekonomi masyarakat pun jadi bergerak. Masyarakat tempatan dapat menjajakan dagangannya, mulai dari makanan ringan hingga peralatan berenang. Otomatis terjadilah perputaran uang.(MC Riau/rat)

Berita Terkait