Senin, 1 Syawal 1438 H | 26 Juni 2017

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai jadwalkan memulai kegiatan safari ramadhan 1438 Hijriah pada 31 Mai 2017, dan akan dilaksanakan selama 14 hari hingga 13 Juni 2017 mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Dumai Asnam mengatakan, safari ramadhan sekaligus penyerahan dana bantuan pembangunan rumah ibadah kepada pengurus masjid dan musala.

Safari ramadhan dibagi dalam dua kelompok dipimpin wali kota dan wakil wali kota beserta rombongan masing masing ke rumah ibadah ditetapkan.

"Wali kota dan wakilnya safari ramadhan secara terpisah dengan rombongan masing masing, dan nantinya akan mengunjungi 27 rumah ibadah," kata Asnam kepada pers baru ini.

Kunjungan kepala daerah dan rombongan terdiri unsur pimpinan instansi vertikal dan jajaran pemerintahan ke rumah ibadah ini juga akan menyerahkan dana sebesar Rp12,5 juta untuk keperluan pembangunan dan rehab atau lainnya.

Kegiatan safari ramadhan ini seperti biasa akan diisi  dengan kegiatan shalat Isya dan tarawih witir berjamaah serta mendengarkan siraman rohani dari penceramah ditunjuk oleh Persatuan Mubaligh Dumai (PMD).

"Rumah ibadah masjid dan musalla penerima bantuan safari ramadhan ini merupakan pengusulan tahun 2016 dan nantinya akan diserahkan kepada pengurus," sebutnya.

Memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H ini, Pemerintah Kota Dumai sudah mengeluarkan seruan bersama untuk pengusaha hiburan, rumah makan dan masyarakat umum agar menghormati dan menjaga rasa aman dan tenang warga muslim berpuasa. 

Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebutkan, safari ramadhan diawali dengan wali kota mengunjungi Mushala Al-Muttaqin Jalan Soekarno Hatta Gang Serasi Kecamatan Bukit Kapur, dan wakilnya ke Masjid Hidayatul Islam Jalan Pemuda Laut, Kecamatan Dumai Barat.

Sekda mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi aktivitas tempat hiburan malam, karena selama puasa ini tidak ada satu pun yang diperbolehkan buka agar pelaksanaan ibadah dapat khusuk.

“Kegiatan di tempat hiburan malam benar-benar dihilangkan. Semua umat islam konsentrasi untuk ibadah di bulan puasa. Kalau ada yang buka segera laporkan ke aparat penegak hukum,” sebutnya. (MC Riau/ar)

Berita Terkait