Senin, 1 Syawal 1438 H | 26 Juni 2017

PEKANBARU -- Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudianto memastikan kalau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK tahun ajaran 2017/2018 menggunakan sistem online, jadwal pelaksanaan nya sendiri akan dimulai tanggal 3 sampai dengan 5 Juli mendatang. Sedangkan hasil seleksi PPDB akan diumumkan tanggal 8 Juli.

”Jadwal PPDB sudah final kita rapatkan. Juklak dan juknisnya sudah selesai kita buat dan Pergub PPDB-nya pun sudah kita serahkan ke Biro Hukum,” kata Rudianto, Selasa (30/5/2017) di Kantor Disdik Riau.

Diterangkan pria yang akrap disapa Rudi ini, pelaksanaan PPDB tahun ajaran ini akan dilakukan secara online di beberapa daerah di Riau. Khusus Kota Pekanbaru dan Dumai dilakukan secara online. Sedangkan daerah lainnya hanya beberapa sekolah favorit dilakukan secara online.

Ketika ditanya alasan beberapa daerah dan sekolah favorit melaksanakan PPDB online, Rudianto menjawab karena tergantung anggaran dan waktu perlaksana yang terbatas.

“Kita sudah anggarkan dana PPDB online diatas Rp 200 juta namun keterbatasan proses lelang yang membutuhkan waktu terpaksa dana ini tidak bisa dilelang. Dana PPDB terpaksa kita PL kan hanya dibawah 200 juta. Kalau diatas Rp 200 juta harus dilelang,” kata Rudi.

Menurut Rudi, kalau tetap dilaksanakan leleng, untuk PPDB online dengan dana diatas Rp 200 juta, dirinya memastikan jadwal PPDB tidak akan tepat waktu. Sebab pelaksana lelang butuh 45 hari sedangkan jadwal PPDB tingal satu bulan lagi.

“Mau tidak mau dana PPDB ini kita PL kan dan hanya bisa untuk 70 sekolah di Riau,” kata Rudi.

Guna memantapkan pelaksana PPDB, Rudi akan melakukan rapat koordinasi dengan MKKS SMA dan SMK Pekanbaru dan beberapa sekolah favorit di setiap daerah dalam waktu dekat ini. Selain itu Disdik Riau juga sudah meminta daya tampung setiap sekolah di Riau.

“Daya tampung setiap sekolah sudah kita tetima. Kita pastikan tamatan SMP tahun ini bisa tertampung di SMA dan SMK negeri dan swasta,” sebut Rudi. (MC Riau/mad)

Berita Terkait