Jumat, 28 Ramadhan 1438 H | 23 Juni 2017

PEKANBARU - Proses perizinan diperlukan untuk mendukung proses usaha. Begitu juga untuk usaha perikanan yang saat ini proses perizinan sudah dapat diajukan ke tingkat provinsi. 
   
Langkah ini diperlukan agar tidak lagi ada kendala saat melakukan aktivitas perikanan. Untuk itu Pemerintah Provinsi  Riau mendorong kepada nelayan di perairan Riau untuk segera mengajukan Izin Usaha Nelayan (IUN).
   
Kepala Dinas Penanaman Modan dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Eva Refita proses perizinan diperlukan untuk menunjang aktivitas perikanan. Ia mencontohkan Izin Usaha Nelayan (IUN) yang sudah perlu diurus oleh nelayan. 
   
Untuk izin yang satu ini dapat menjadi hal positif bagi nelayan di Riau dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan. Perizinan ini bisa diurus untuk perorangan, koperasi, dan perusahaan swasta nasional.
  
"Kelengakapan administrasi perizinan tentunya diperlukan. Di Riau sendiri dalam sebulan kami keluarkan 5 sampai 10 izin untuk nelayan ini," tuturnya, Jumat (2/6/2017).
   
Bentuk izin yang dapat diajukan meliputi, Izin Usaha Perikanan, Izin Penangkapam Ikan, dan Izin Kapal Pengangkut Ikan. Dengan dasar hukumnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 30 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 26 Tahun 2013.
    
"Makanya nelayan perlu mengantongi izin ini. Kalau ada permohonan izin masuk baru kami keluarkan, tentunya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku," imbuhnya lagi.(MC Riau/mz)

Berita Terkait