Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

Wakil Rektor I Umri dr Taswin Yacob saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan Pesantren Ramadhan mahasiswa Umri.

PEKANBARU -- Para penerima beasiswa Universitas Muhammadiyah Riau mengikuti pesantren Ramadhan 1438 Hijriyah, kegiatan ini bagian dari pembinaan sofskill bagi mereka.

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dr Taswin Yacob saat membuka kegiatan Pesantren Ramadhan Senin (5/6) mengatakan, kegiatan pesantren Ramadhan ini akan sangat memberi manfaat bagi mahasiswa.

"Tidak semua mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini, ini merupakan nilai lebih yang patut disyukuri oleh mahasiswa penerima beasiswa Umri,"ujar Dia.

Karena itu, mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini berharap agar peserta bisa mengukuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga diharapkan mampu memberi sikap optimis dalam menyelesaikan perkuliahan.

"Karena dengan berasal dari berbagai latar belakang, sikap pesimis yang ada dalam diri mahasiswa dalam menatap masa depan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa berubah menjadi sikap optimis," sebutnya.

Disamping itu, peserta juga akan diberi pembekalan ilmu agama dan juga tentang kemuhammadiyahan. Peserta akan dibekali dengan berbagai ilmu keagamaan sebagaimana yang dilakukan warga Muhamandiyah.

Sementara Ketua Panitia, yang juga merupakan Kepala Biro Akademik Umri, Sri Fitria menyebut kalau kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam hari dengan diikuti 165 Mahasiswa penerima dari berbagai jenis, seperti beasiswa Pemprov Riau, Bidik Misi dan lainnya.

"Tiga hari mereka akan diberi materi pembangunan karakter. Kemudian tiga hari selanjutnya berupa praktikum," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Exist spritual and motivation consulting Surabaya, mahasiswa akan menjalani berbagai permainan, motivasi, praktik ibadah, sholat, wudhu dan cara bersikap.

"Kegiatan ini dimulai pagi setiap harinya, dan akan berakhir setelah selesai sholat tarawih, ini harus diikuti oleh seluruh peserta," tegasnya.

Selain Wakil Rektor I, ikut hadir juga dalam acara pembukaan yang dilaksanakan di lantai III gedung 7 tingkat kampus II Umri tersebut antaralain Wakil Rektor III, Kepala BAK dan para Dekan lingkup Umri. (MC Riau/mad)

Berita Terkait