Senin, 28 Dzulqo'dah 1438 H | 21 Agustus 2017

DUMAI - Pelayanan dan pengelolaan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dumai Bersemai kini terus ditingkatkan dengan membenahi instalasi jaringan pipa ke ratusan sambungan rumah pelanggan.

Wali Kota Dumai Zulkifli As usai meninjau instalasi pengolahan air PDAM TDB menyebut bahwa peninjauan ini untuk melihat pelayanan dan memastikan realisasi program air bersih berjalan baik.

"Pemerintah dumai dengan perusahaan daerah baru melayani hanya ratusan rumah berkapasitas 20 liter per detik, karena itu diharap kedepan pelayanan semakin ditingkatkan," kata wali kota didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Mohamad Syahminan, Senin.

Dijelaskan, penyediaan air bersih oleh perusda ini hanya bisa mengaliri air sambungan rumah berada di perkotaan, sedangkan untuk menyeluruh akan dilakukan dengan sistem kerjasama tiga daerah di Riau.

Secara perlahan pelanggan sambungan rumah air bersih dilayani PDAM Tirta Dumai Bersemai akan terus ditingkatkan sesuai kemampuan instalasi jaringan dibuat.

Sementara, Pjs Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai Eddy Rizal mengatakan, pelayanan air bersih saat ini sudah melayani empat kelurahan yakni Kelurahan Buluh Kasap, Bintan, Sukajadi dan Datuk Laksamana kapasitas air 20 liter per detik.

Masyarakat Dumai menjadi pelanggan tercatat sebanyak 1.385 sambungan rumah, namun hanya 183 bayar iuran, dan hanya 71 mendapatkan aliran air.

"Saat ini lebih kurang 400 sambungan rumah sudah mendapatkan aliran air bersih, dan kedepan kita akan terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat," sebut Eddy. (MC Riau/ar)

Berita Terkait