Senin, 1 Syawal 1438 H | 26 Juni 2017

ROHIL- Kementrian Agama Rokan Hilir menggelar pembinaan pemberdayaan amil zakat,yang diikuti sebanyak 20 orang peserta, terdiri dari pengurus masjid dan musholla se-Kecamatan Bangko Bagansiapiap, Kemarin.

Acara yang dipusatkan di aula kantor Kemenag Rohil dibuka langsung  kakanmenag Rohil H Agustiar didampingi Seksi Penyelenggara Bimbingan Syariah (Binsyar) H Zakifri dan H Majemuk, 

Dalam kata sambutannya Kakamenag Rohil mengatakan menyambut kegiataan dilaksanakan karena banyak memiliki manfaat, apalagi dalam waktu dekat ini Mesjid dan Musholla akan membentuk amil zakat guna menerima zakat dari masyarakat baik zakat Fitrah maupun zakat harta.  

"Sebagai mana biasa pada bulan suci Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk menunaikan dan menyalurkan zakat," katanya

Ia menambahkan, dirinya sangat berharap kepada seluruh peserta agarudai mengikuti kegiatan tersebut dapat secara maksimal merealisasikan pengetahuan yang didapatkan di UPZ masing-masing.

Lanjutnya, ada beberapa cara dalam pemahaman tentang penting kita berzakat, yakni dengan cara sosialisasi konferensif tentang fungsi zakat, lembaga yang profesional dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat serta Program yang konkret (nyata) dari pengelolaan zakat tersebut.

“ Misalnya zakat produktif, dimana pengeluarkan zakat (Muzzaki) memberikan zakat kepada penerima Zakat (Mustahiq) tetapi zakat tersebut dikelola untuk mendatangkan manfaat sehingga memberikan keuntungan bagi Mustahiq seperti modal berdagang, kalau sehingga mustahiq tersebut suatu saat akan menjadi Muzzaki," ungkapnya.

Masih katanya, dalam rangka mengoptimalisasikan peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS), maka Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hilir, melalui Seksi Penyelenggara Bimbingan Syariah (Binsyar) menggelar pembinaan dan pemberdayaan Zakat ini," jelasnya singkat.(MC Riau/way)

Berita Terkait