Minggu, 28 Syawal 1438 H | 23 Juli 2017

DUMAI - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Dumai siapkan pembukaan posko pengaduan terkait tunjangan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan direncanakan selama  dua pekan.

Pelaksana tugas Kepala Disnakertrans Dumai Suwandi mengatakan, posko ini dibuka untuk menerima pengaduan dan masukan serta langkah monitoring pelaksanaan pembayaran THR karyawan di perusahaan.

"Pembayaran thr sudah ditetapkan paling lama seminggu sebelum lebaran dan kita harap perusahaan dapat mematuhi ketentuan ini, selain itu akan dibuka posko pengaduan untuk pemantauan," kata Suwandi kepada pers kemarin.

Dia mengatakan, para pengusaha kini harus lebih berhati-hati dalam memenuhi hak THR karyawan karena ada sanksi tegas pemerintah jika ada keterlambatan membayar.

Disnakertrans juga sudah mempersiapkan jadwal petugas piket di posko pengaduan THR dari para pekerja, dan diaktifkan mulai 7 sampai 23 Juni 2017 pada jam kerja.

"Posko pengaduan thr juga menerima pengaduan tenaga kerja lainnya, dan apapun bentuk laporannya akan kami klarifikasikan hal itu dan harus dituntaskan,” ujarnya.

Terkait pembayaran THR dan ketentuannya, Disnakertrans Dumai juga telah menyurati pengusaha karena paling lama H-7 Idul Fitri, dan diharap pelaksanaannya tidak ada kendala dan persoalan.

Pelaksanaan THR tahun 2016 lalu diakui dia nihil dan tidak ada pengaduan masuk ke posko, demikian juga diharap tahun ini agar pengusaha tepat waktu membayarkan hak karyawan dalam menyambut perayaan Idul Fitri. (MC Riau/ar)

Berita Terkait