Sabtu, 26 Dzulqo'dah 1438 H | 19 Agustus 2017

ROKAN HULU-Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos, M.Si menyatakan, komitmen kembangkan potensi pariwisata di Rohul, terutama di Kecamatan Rambah.

Penegasan itu disampaikan Bupati Rohul, H Suparman, saat berikan sambutan di Safari Ramadan di Masjid Jamiaturrahmah Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah, bersama rombongan Tim Safari Ramadan Pemkab Rohul.

Suparman mengaku, Kecamatan Rambah memiliki potensi besar sebagai daerah pariwisata karena berada dekat dengan ibukota kabupaten. 

Salah satunya objek wisata yang ada di Desa Rambah Tengah Hulu,‎ seperti Air Panas Hapanasan, Air Panas Suaman, Batu Gajah, dan Goa Sikapir.

Bupati Rohul menegaskan, bahwa dengan terus meningkatnya kunjungan wisata ke Rohul, terutama ke Masjid Agung Madani Islamic Center yang merupakan objek wisata religius, tentunya ‎diperlukan tempat wisata alternatif. 

Kecamatan Rambah yang berada di ibukota kabupaten tentunya punya potensi besar sebagai tujuan wisata alternatif.

Bupati Suparman mengimbau, agar masyarakat di Kecamatan Rambah termasuk masyarakat di Desa Rambah Tengah Hulu tetap bersikap ramah ‎terhadap setiap wisatawan yang datang, sehingga objek wisata di desa ini semakin maju dan dikenal sampai keluar daerah.

Mantan Ketua DPRD Riau mengatakan, bila sektor pariwisata di Desa Rambah Tengah Hulu maju, tentunya hal itu ikut berimbas meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat, dan semakin majunya sektor pariwisata di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

"Mari kita bersama-sama ikut majukan tempat wisata di desa ini," ajak Suparman, juga mengharapkan masyarakat ikut menjaga keamanan kepada setiap wisatawan yang datang.

Saat Safari Ramadan di Masjid Jamiaturrahmah, Bupati Rohul Suparman tidak bisa lama. Usai sambutan setelah Salat Magrib berjamaah, dirinya langsung pamit diri dan mohon maaf karena dirinya ada agenda ke Jakarta.

Tokoh Masyarakat Desa Rambah Tengah Hulu, Hasber Hasibuan mengatakan, masyarakat di desanya komitmen dalam memajukan objek wisata yang ada.

Hasber mengharapkan, agar Pemkab Rohul melakukan pelebaran jalan di Desa Rambah Tengah Hulu, karena jalan di desa ini masih kecil, padahal sudah banyak bus Pariwisata yang masuk ke objek wisata yang ada di desa ini.

‎Demikian juga, Hasber mengharapkan Pemkab Rohul meningkatkan bangunan Masjid Jamiaturrahmah karena rumah ibadah ini berada di jalan lintas menuju objek wisata.

Usai berbuka, Asisten Bagian Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul Syaiful Bahri, gantikan Bupati Suparman melanjutkan kegiatan sahalat tarawih. 

Dalam sambutannya usai Salat Tarawih, Syaiful Bahri mengakui,‎ Bupati Suparman sudah komitmen majukan potensi pariwisata di Kecamatan Rambah, khususnya di Desa Rambah Tengah Hulu. Masyarakat diharapkan ikut mendukung dalam memajukan potensi pariwisata di daerah tersebut.

"Apalagi saat ini kunjungan wisata masyarakat dari luar daerah ke Masjid Agung Islamic Center terus meningkat," kata Syaiful.

Kemudian yang terpenting bagi daerah wisata, adalah keramahtamahan dari masyarakat dan jaminan keamanan, seperti keramahan orang Bali terhadap setiap wisatawan yang datang ke sana, baik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

‎Kemudian, sebagai salah satu daerah penghasil aren, tentunya Kecamatan Rambah bisa menjadi sebagai daerah penghasil gula aren yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung.

"Di Kabupaten Rohul belum mempunyai yang khas. Perlu dibuat oleh-oleh ciri khas seperti di Sumatera Barat," harap Syaiful Bahri.

Di kegiatan Safari Ramadan di Desa Rambah Tengah Hulu, juga dihadiri Staf Ahli Bupati Rohul Sugiyarno, Ketua BAZNAS Rohul Armen dan pengurus, Danramil 02 Rambah Kapten Arm. Alza Septendi, ‎Kapolsek Rambah AKP Didi Antoni, Camat Rambah, Kepala KUA Rambah, Kades Rambah Tengah Hulu, dan masyarakat.(MC Riau/sal)

Berita Terkait