Kamis, 27 Ramadhan 1438 H | 22 Juni 2017

TELUK KUANTAN - Jabatan Rektor di Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) saat ini tengah kosong, setelah Ir.Liusman Saleh, MT meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

Terkait hal itu, pihak UNIKS saat ini telah memulai tahapan untuk pemilihan Rektor UNIKS yang baru periode 2017-2021 pengganti almarhum Liusman Saleh yang kebetulan masa jabatannya akan berakhir Oktober mendatang. 

Jadwal dan tahapan pemilihan Rektor Uniks telah resmi dimulai, yang diawali dengan tahap sosialisasi, 7 Juni hingga 23 Juni mendatang. Selanjutnya, dilakukan penjaringan, 04-17 Juli dimulai pembukaan pendaftaran. Sedangkan 18 Juli adalah pengumuman bakal calon rektor.

Persyaratan yang harus dipenuhi bakal calon rektor adalah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, kewarganegaraan Indonesia, sehat jasmani dan rohani, memiliki NIDIN,  persetujuan atasan atau pimpinan PTS/PTN yang bersangkutan bagi calon yang tidak berstatus dosen tetap di Uniks dan yang berasal dari Dosen PNS DPK harus mendapat persetujuan dari Kopertis X dan atau Kopertis XII.

Lalu, bersedia dicalonkan menjadi rektor yang dinyatakan tertulis, tidak sedang tugas belajar, berwawasan luas dan memiliki jaringan kerja yang Luas, pernah menduduki jabatan minimal ketua prodi atau yang setingkat, minimal telah 4 tahun menjadi dosen di perguruan tinggi, memiliki kepangkatan akademik minimal Lektor bagi yang berpendidikan S3 dan Lektor Kepala yang berpendidikan S2.

Selanjutnya, tidak menjadi pengurus parpol, bersedia bekerja penuh waktu, berwawasan luas mengenal pendidikan tinggi, berusia minimal 35 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pengangkatan Rektor, bersedia menandatangani fakta integritas, bersedia mematuhi peraturan yang berlaku di civitas akademika Uniks, tidak menjabat sebagai pembina, pengawas. Dan pengurus YPTIKS.

Tahap seleksi administrasi dimulai 19 Juli hingga 24 Juli. Selanjutnya, 25 Juli pengembalian formulir berkas bakal calon rektor yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan 26 Juli penyampaian bakal calon rektor yang lulus administrasi.

"Selanjutnya barulah dilakukan tahapan pemilihan. Tanggal 1 Agustus penyampaian visi misi dan program kerja. Lalu, dilanjutkan pemilihan. Sedangkan penyampaian calon rektor terpilih kepada yayasan," ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor Uniks, Harianja SPd MKom kepada Wartawan, Rabu (6/6) kemarin.

Tahapan selanjutnya, kata Harianja, adalah tahap pengangkatan dan pelantikan. "Tanggal 13 hingga 24 Agustus akan dilakukan penetapan SK pengangkatan rektor terpilih. Sedangkan pelantikan rektor terpilih akan dilakukan 19 Oktober,"pungkasnya.(MC Riau/Ultra Sandi)

Berita Terkait