Senin, 28 Dzulqo'dah 1438 H | 21 Agustus 2017

DUMAI - Badan Amil Zakat Nasional Kota Dumai dalam bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah menyalurkan zakat konsumtif sebesar total Rp262.500.000 kepada 875 penerima tersebar di 7 kecamatan.

Wali Kota Dumai Zulkifli As saat memimpin safari ramadhan di Masjid Al-Azhar Jalan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat, Kamis (8/6) malam menyerahkan zakat kepada penerima kalangan usia lanjut.

"Selain menyerahkan bantuan pembangunan rumah ibadah dari pemerintah daerah, dalam kegiatan safari ramadhan ini diserahkan juga zakat konsumtif kepada yang berhak berasal dari tujuh kecamatan," kata wali kota.

Tim safari Ramadhan bersama Baznas Kota Dumai menyerahkan zakat yang dikumpulkan oleh Baznas Kota Dumai kepada 30 orang jemaah masjid dinilai layak  sebagai penerima.

"Zakat ini dari masyarakat memiliki rezeki lebih dan kita memulainya melalui pegawai pemerintahan, diharap bantuan dapat dipergunakan dan membantu masyarakat penerima zakat," ujarnya.

Dia berharap kedepan potensi zakat semakin dioptimalkan dengan bertambah komitmen dan kesadaran mengeluarkan zakat melalui Baznas, termasuk menggarap potensi di perusahaan swasta.

Terkait bantuan hibah dana pembangunan rumah ibadah, kepala daerah menyebut bahwa sudah diterbitkan Perwako sebagai payung hukum agar tidak bermasalah dengan hukum.

Hibah diatur oleh perwako juga sebagai acuan pemerintah daerah dalam menganggarkan bantuan anggaran kepada imam masjid, bilal masjid dan juga guru dengan nilai bervariasi.

"Semoga dengan keterbatasan anggaran ini kita bisa membantu dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan rumah ibadah," sebut wali kota. (MC Riau/ar)

Berita Terkait