Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

ROKAN HULU-Masuki pada mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Polres Rohul sudah lakukan pemetaan sejumlah daerah rawan di Kabupaten Rohul, yang perlu diwaspadai para pengendara, merupakan daerah rawan macet serta rawan kecelakaaan lalulintas (lakalantas).

Dijelaskan Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto, Senin (12/6/2017), sejumlah daerah rawan yang harus diwaspadai saat mudik di Rohul, yakni di KM 362 Desa Sontang Kecamatan Bonai Darusalam.

Daerah itu, masuk sebagai lokasi rawan bencana banjir jika curah hujan tinggi selama 2 hari yang dikawatirkan sebabkan akses jalaur mudik terputus dari Rohul ke Duri Kabupaten Bengkalis. Kemudian, KM 362, banjir tiba-tiba yang dapat memutuskan akses jalur mudik yakni KM 183/184 Simpang Supra, Desa Babusalam Kecamatan Rambah. 

Mengantisipasi kemungkinan tersebut, Polres Rohul sudah siagakan personil SAR yang dapat digerakan sewaktu waktu serta menyiapkan jalur alternativ. Selain itu, rumah sakit dan puskemas, alat berat dan peralatan untuk evaluasi juga sudah disiapkan dengan bekerjasama dengan instansi terkait.

Pasar tumpah ruah, juga jadi salah satu penyebab kerawanan kemacetan lalulintas saat arus mudik Hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah di Rohul. Data Polres Rohul, sejumlah titik pasar tumpah yang kerap menimbulkan kemacetan parah, seperti KM 152/153 Pasar Tumpah Ujung Batu Kecamatan Ujung batu, KM 102/103 Pasar tumpah Kabun kecamatan Kabun, KM 102/103 di Desa Kasang Kabun Kecamatan Kabun serta  KM 137/138 pasar tumpah Tandun kecamatan Tandun. Akibat pasar tumpah, juga sering sebabkan kemacetan, terjadinya tindak kejahatan jambret.

"Mengantisipasi kemacetan akibat pasar tumpah, Polres Rohul akan membuat pengalihan jalur alternatif, membuat penunjuk arah, membuat trafic cone sebagai pembatas arus lain. Polisi juga akan memberikan himbauan kepada masyarakat agat tidak berjualan di bahu jalan" kata Kapolres.

Kemudian, para pemudik juga harus berhati-hati saat melintasi KM 116-117 Desa Tandun, Kecamatan Tandun, karena jalur tersebut rawan kecelakaan lalulintas. Para pengendera dimita mengurangi kecepatan di jalan lurus, karena jalan jalur ini memiliki persimpangan yang ramai.

Selain itu, daerah yang rawan lakalantas  lainnya di KM 152 153 Pagaran Tapah Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, dimana kondisi didaerah ini banyak yang rusak dan minim Penerangan Jalan Umum (PJU).  

Kemudian, di KM 173/ 174 Desa Suka Maju Kecamatan Rambah, juga jadi salah satu daerah yang harus diwaspadi pengendara karena di daerah ini terdapat penyempitan jalan di sebabkan adanya jembatan dan sering sebabkan kecelakaan khususnya malam hari.

Selain jalur mudik, Polres Rohul juga sudah petakan daerah rawan kriminalitas.  Dari pemetaan tersebut, salah satu yang menjadi objek pengamanan polres Rohul yakni  pemukiman penduduk yang ditinggal saat mudik.

Saat operasi Ramadiniyah Siak 2017, kita akan bentuk tim patroli gabungan polsek dan polres di pemrukiman warga mengimbau warga agar lebih waspada.

Kemudian, wisata hapanasan (pemandian air panas) juga termasuk daerah rawan terjadinya curas, curat dan curanmor serta laka air. untuk itu selama lebaran polres rohul juga akan melakukan penjagaan dan pengaturan dengan sasaran penegdra sepeda motor dan ranmor.(MC Riau/sal)

Berita Terkait