Senin, 29 Syawal 1438 H | 24 Juli 2017

PEKANBARU -- Untuk menjadi guru profesional, setidaknya seorang guru harus memiliki Empat kompetensi, dengan profesionalnya seorang guru, maka diharapkan akan mampu melahirkan pendidikan yang berkualitas dinegeri ini.

"Empat kompetensi tersebut yakni Kompetensi Pedagogik, Kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional," sebut pemerhati pendidikan Riau H Isjoni.

Dijelaskan kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan para guru dalam mengelola
pembelajaran peserta didik. Agar kelak mampu mengaktualisasikan berbagai potensi dimiliknya. Kompetensi Sosial, menunjukkan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat sekitar.

Kemudian kompetensi Kepribadian bermakna karakteristik pribadi guru harus menjadi teladan bagi peserta didik  dan guru memiliki akhlak mulia. "Dan Kompetensi Profesional merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi diajarkan secara profesional," jelas mantan Ketua PGRI Riau ini.

Dia mengatakan, Pendidikan berkualitas hanya akan lahir apabila terdapat guru profesional di dalamnya, memiliki kompetensi  dan yang kesejahteraannya terpenuhi. Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi tersebut diatas. (MC Riau/mad)

Berita Terkait