Senin, 29 Syawal 1438 H | 24 Juli 2017

PEKANBARU -- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) bertekad untuk tidak hanya menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal melalui disiplin ilmu yang dipilih Mahasiswa dibangku kuliah, tetapi juga ingin menciptakan Entrepreneur muda yang bisa membuka lapangan kerja kelak setelah menyelesaikan perkuliahan.

Hal itu dilakukan UMRI melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M), dengan membuat kurikulum Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sejak enam tahun lalu. Melalui PMW mahasiswa diberi kebebasan untuk membuat suatu kelompok pelaku bisnis, yang meski telah menamatkan perkualiahan, masih juga bisa menjalankan usaha mereka.

"Dalam rencana induk pengembangan universitas, kita membuat target 30 persen alumni kita bisa menjadi Entrepreneur. Artinya mereka kita harapkan tidak hanya bergantung pada orang atau lembaga lain untuk mendapatkan pekerjaan," kata Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi.

Dijelaskan Mubarak, menumbuhkan dan mengembangkan jiwa Entrepreneur kepada Mahasiswa, tidak harus hanya diberikan pada bidang ekonomi dengan membuka berbagai jenis usaha. Mengembangkan bisnis dengan ilmu yang dimiliki saat kuliah akan lebih berarti.

Bagaimana Mahasiswa juga mampu berbisnis dengan ilmu yang dimiliki dibangku kuliah, atau sesuai dengan jurusan yang diambi, besbisnis dengan ilmubpengetahuan. "Mahasiswa itu bagaimana Dia bisa mengembangkan ilmu yang diperolehnya untuk dimasukkan pada dunia bisnis," kata Rektor.

Seperti alumni jurusan Ilmu Komunikasi, Mubarak berharap mereka bisa menjadi Entrepreneur pada bidang komunikasi, seperti dengan membuat surat kabar sendiri, dan lainnya. Begitu juga dengan alumni jurusan lainnya yang diharapkan bisa menjadikan ilmu yang diperoleh sebagai bagian dari menjadi Entrepreneur.

"Jangan hannya terfokus pada menjadi pengusaha dibidang ekonomi seperti berjualan bahan atau produk makanan dan sejenisnya, karena bagaimanapun ilmu sesuai jurusan yang dipilih saat kuliah harus bisa terus kita terapkan dan kembangkan dalam meningkatkan taraf hidup kita," pungkasnya. (MC Riau/mad)

Berita Terkait