Minggu, 28 Syawal 1438 H | 23 Juli 2017

DUMAI - Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kota Dumai menyerahkan 45 sertifikat halal produk usaha mikro kecil menengah melalui program bantuan pembiayaan pengurusan gratis oleh APBD 2016.

Kabid UMKM Disperinkop UMKM Dumai Misdiono mengatakan, kegiatan penyerahan sertifikat halal ini untuk mendorong kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya sertifikasi halal dan standarisasi produk dalam era masyarakat ekonomi ASEAN.

"Sertifikasi halal ini kerjasama dengan majelis ulama indonesia untuk memastikan bahan olahan aman dikonsumsi, sekaligus mendorong daya saing produk olahan agar mampu bersaing di pasaran," kata Misdiono kepada pers, Selasa.

Dikatakan, sertifikasi halal diberikan agar konsumen tenang saat mengkonsumsi ketenangan suatu jenis produk atau makanan dari kandungan zat terlarang dan najis serta agar pengusaha menyadari pentingnya sertifikasi halal bagi produk.

Pemerintah daerah terus mendorong pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat halal pada tahun 2016 dengan menganggarkan dana sebesar Rp78,75 juta ditujukan kepada 45 orang pelaku UMKM.

Pemberian sertifikat tetap dilanjutkan pada 2017 sebanyak 25 sertifikat bagi 25 orang pelaku UMKM yang saat ini sudah sampai pada tahap verifikasi tim untuk dilanjutkan ke LPPOM–MUI Provinsi Riau.

"Semoga pelaku umkm terdorong untuk lebih berkarya dan memperoleh manfaat lebih bagi kesejahteraan keluarga," sebutnya. (MC Riau/ar)

Berita Terkait