Minggu, 28 Syawal 1438 H | 23 Juli 2017

DUMAI - PT Pelindo I Cabang Dumai membenahi sejumlah fasilitas publik di terminal pelabuhan penumpang Jalan Datuk Laksamana sebagai kesiapan menghadapi arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pembenahan fasilitas di terminal ini dilakukan Pelindo dengan menambah delapan unit mesin pendingin ruangan dan ratusan kursi untuk masyarakat dan pemudik singgah di pelabuhan.

Manager Umum Pelindo Dumai Aguslianto mengatakan, peningkatan fasilitas di terminal tunggu pelabuhan penumpang ini untuk optimalisasi pelayanan dan memberikan rasa puas dan kenyamanan bagi pemudik.

"Kita menambah mesin pendingin ruangan dan ratusan kursi di terminal pelabuhan agar pemudik singgah merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan," kata Agus kepada pers, Rabu.

Kesiapan lain menyambut arus mudik lebaran ini, Pelindo Dumai mendirikan posko pengamanan angkutan lebaran, bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait lain untuk memberikan pelayanan dan rasa aman selama aktivitas mudik.

Pemeriksaan kapal laik jalan juga sudah dilakukan untuk persiapan melayani penumpang laut dari pelabuhan Dumai tujuan domestik dan luar negeri demi keselamatan pelayaran.

"Petugas di pelabuhan kita minta untuk optimalkan pelayanan dan mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang agar arus mudik lancar tanpa kendala," sebutnya.

Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Dumai sudah menyiapkan 28 armada feri untuk melayani lonjakan arus mudik penumpang selama angkutan lebaran tujuan domestik dan luar negeri.

"Seluruh armada disiapkan ini sudah diperiksa dan laik jalan," kata Kabid Lalu Lintas dan Jasa Pelabuhan KSOP Dumai Jhonny P Simbolon.

Armada kapal disiapkan, 19 feri untuk penumpang pelabuhan domestik rute pulang pergi Dumai, Batam sekitarnya dan Bengkalis, Selat Panjang serta lainnya, enam feri melayani pemudik dengan rute luar negeri dengan pulang pergi Dumai, Port Klang, Port Dickson dan Malaka.

"Tiga kapal lagi melayani pemudik di pelabuhan roro tujuan dumai tanjung kapal kecamatan rupat bengkalis pulang pergi," sebutnya. (MC Riau/ar)

Berita Terkait