Senin, 1 Syawal 1438 H | 26 Juni 2017

PEKANBARU - Dinas Pendidikan akhirnya menuntaskan proses verifikasi penetapan guru honor daerah. Dalam pekan ini, gaji guru honor daerah itu bakal disalurkan melalui rekening sekolah dimana mereka mengajar.

“Verifikasi udah selesai kami lakukan, Surat Keputusan (SK) penetapan mereka juga sudah saya teken. Minggu ini kami upayakan gaji mereka sudah dibayar,” ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudyanto, Selasa (13/6/2017) kemarin.

Diterangkan Rudyanto, Selasa Disdik menyerahkan SK dan surat pengajuan keuangan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selanjutnya, BPKAD melihat juga kelengkapan syarat yang telah diajukan. Jika syaratnya lengkap, maka akan keluar surat perintah membayar uang (SPMU) untuk gaji mereka.

Total ada Rp 48.111.750.000 dana yang bakal disalurkan untuk gaji 2.586 guru. Dana ini disalurkan ke rekening sekolah tempat guru honor bersangkutan mengajar. Disdik juga akan mengirim surat ke sekolah yang berisi nama-nama guru yang mendapat gaji itu.

“Penyaluran lewat rekening sekolah ini dilakukan supaya distribusi dana cepat. Karena kalau disalurkan ke rekening masing-masing guru, bakal lama,” ungkapnya.

Selanjutnya, guru bersangkutan tinggal mengambil gajinya di bendahara sekolah masing-masing. Bendahara membayar sesuai dengan nama yang sudah dituliskan dalam surat Disdik,” kata Rudyanto. (MC Riau/mad)

Berita Terkait