Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

DUMAI - Badan Amil Zakat Nasional Kota Dumai menyalurkan zakat konsumtif penunjang Lebaran kepada 1.375 fakir dan miskin dan sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan organisasi perangkat daerah.

Wakil Ketua III Bidang Keuangan Baznas Dumai Khairul Azmi mengatakan, zakat bagi fakir miskin disalurkan melalui kecamatan sedangkan untuk Pegawai Negeri Sipil disalurkan melalui OPD masing-masing.

"Zakat sudah mulai disalurkan hingga seminggu sebelum lebaran agar dapat dipergunakan untuk membantu biaya persiapan menyambut hari raya," kata Azmi belum lama ini.

Dikatakan, zakat  disalurkan kepada penerima sesuai  dengan kriteria sudah ditetapkan pihak Baznas, seperti fakir dan warga miskin dengan penerimaan masing masing zakat konsumtif sebesar Rp300 ribu.

"Selain bantuan uang tunai, baznas juga menyerahkan 480 paket sembako senilai Rp300 ribu kepada penerima dari organisasi perangkat daerah," sebutnya.

Zakat konsumtif disalurkan melalui program Dumai Peduli, dan Baznas Dumai punya lima program yaitu Dumai Cerdas, Dumai Peduli, Dumai Sehat, Dumai Takwa dan Dumai Makmur. 

Agar zakat tepat sasaran, lanjutnya, Baznas Dumai sudah melakukan validasi data dan kegiatan ini sudah menjadi program rutin menjelang Idul Fitri untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu.

Terkait penerimaan zakat 2017 ini, hingga Mei Baznas sudah mengantongi uang zakat sebesar Rp1,3 miliar dari target Rp2,8 miliar, dan dibanding sebelumnya hanya sebesar Rp2,1 miliar.

Dalam rangka pencapaian target pengumpulan zakat, Baznas terus melakukan sosialisasi pentingnya membayar zakat ke tengah masyarakat, satuan kerja pemerintah daerah dan perusahaan serta pihak swasta lain. (MC Riau/ar)

Berita Terkait