Senin, 28 Dzulqo'dah 1438 H | 21 Agustus 2017

PEKANBARU - Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober, Kodim 0301/PBR kali ini melaksanakan kegiatan yakni Perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hafiz Qur'an (MHQ) dan Rebana antar Universitas se-Pekanbaru.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0301/PBR, Letkol Inf Tunjung Setyabudi S Sos kepada wartawan menjelaskan, kegiatan perlombaan seperti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hafiz Qur'an (MHQ) dan Hadrah/Rebana ini sudah dilaksanakan sejak Selasa 13 Juni 2017 sampai Kamis 15 Juni 2017 sesuai imbauan Panglima TNI Gatot Nurmantyo kepada seluruh Kodim se-Indonesia, bertempat di Universitas Islam Riau (UIR), jalan Kaharuddin Nasution, Pekanbaru.

"Alhamdulillah, kegiatan perlombaan ini dimulai pembukaan hingga penutupan berlangsung sukses. Dan lagi, saya ucapkan Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan ini disambut baik dari seluruh adik-adik mahasiswa, dalam kegiatan ini hampir seratusan mahasiswa mengikuti kegiatan yang kita laksanakan ini. Kegiatan ini bertujuan agar terwujudnya peningkatan pembinaan mental bagi adik-adik mahasiswa, dimana adik-adik mahasiswa itu merupakan garda terdepan sebagai generasi penerus, bahkan sebagai pemimpin dalam melanjutkan pembangunan agar menjadi manusia yang tangguh, beriman dan bertakwa," ucap Dandim 0301/PBR Letkol Inf Tunjung Setyabudi S Sos, Kamis malam (16/6) yang langsung menutup kegiatan tersebut dan berakhir dengan sukses, bertempat di Masjid Al-Munawarah, UIR.

Dijelaskan Letkol Tunjung, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0301/PBR ini selain menyambut HUT TNI ke-72, juga dalam moment malam Nuzul Qur'an di Bulan Ramadhan 1438 H.

Tidak lupa, Letkol Inf Tunjung mengucapkan Selamat bagi para pemenang lomba.

"Tingkatkan prestasi dan terus baca Al-Qur'an serta menghafal Al-Qur'an. Semoga apa yang kita laksanakan ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Selain kegiatan kerohanian, nantinya kita dari Kodim 0301/PBR, juga melaksanakan kegiatan sosial, donor darah, kerja bakti dan pelaksanaan upacara yang puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada 5 Oktober 2017," ujar Letkol Inf Tunjung.

Sementara itu Wakil Rektor III UIR, H Drs Abdullah mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Dandim 0301/PBR.

"Kami atas nama UIR menyambut baik dilaksanakannya kegiatan lomba MTQ, MHQ dan Hadrah/Rebana oleh pihak Kodim 0301/Pbr. Kegiatan ini sangat positif dan jika ada kegiatan selanjutnya kami bersedia menyiapkan tempatnya," ucapnya bangga.

"Kami sangat bangga kepada TNI meskipun dalam keadaan sibuk masih bisa melaksanakan kegiatan yang positif untuk para Mahasiswa dan kami mengucapkan selamat HUT TNI serta TNI tetap jaya," imbuhnya.

Sebelum penutupan acara, Dandim 0301/PBR Letkol Inf Tunjung Setyabudi S Sos langsung memberikan hadiah kepada para juara yakni Juara Pertama diraih Putri Mayasari dari UIN Susqa Riau, Juara Kedua diraih Aswan dari UIN Susqa Riau dan Juara Ketiga diraih Fahrul Rozi dari Universitas Riau.

Sebagai pemenang Lomba MHQ 10 Juz yakni Juara Pertama diraih Rizki Indah Lestari dari Unri, Juara Kedua diraih Suria Insano dari UIR.

Sebagai pemenang Lomba MHQ 5 juz yakni Juara Pertama diraih Aldo Irawan dari Unri, Juara Kedua diraih Chomsatun Mubarakah dari Universitas Lancang Kuning.

Sebagai Lomba Rebana diraih Juara Pertama dari Grup Rebana Elfirdaus dari UIN Suska Riau dan Juara Kedua Grup Rebana Grazia Muslimah dari UIR. (MC Riau/Exa)

Berita Terkait