Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

PEKANBARU - Aksi kriminalitas cenderung tinggi jelang lebaran, warga diminta waspada dan polisi agar tingkatkan patroli. Demikian diutarakan Sekretaris Komisi I DPRD Pekanbaru Drs Maspendri.

Dia meyakini, bahwa angka kejahatan jelang Lebaran cenderung naik, karena meningkatnya berbagai kebutuhan. Seperti aksi copet, jambret dan perampokan nasabah bank atau masyarakat, yang membawa uang dalam jumlah besar.

"Kita minta jangan bawa uang berlebihan ke luar rumah jelang lebaran ini. Bawa secukupnya saja. Karena pelaku tetap mengintai dan mencari kesempatan," tegasnya kepada wartawan, Sabtu (17/6) di Pekanbaru.

Menurutnya, desakan berbagai kebutuhan untuk merayakan lebaran, membuat orang nekat melakukan kejahatan. Kepada masyarakat diharapkan, pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya, harus dijadikan pelajaran berharga.

Di mana, selain harta benda dirampok, nyawa juga bisa melayang. Diakui Maspendri, imbauan-imbauan seperti ini selalu disepelekan masyarakat. Sebab, hampir setiap tahun pihak DPRD dan Kepolisian mengingatkan, agar masyarakat ekstra waspada.

"Pekanbaru ini termasuk kota yang tingkat peredaran uangnya cukup tinggi. Hal ini melihat dari pergerakan perekonomiannya yang dinamis. Artinya, meski saat ini kondisi ekonomi masyarakat lesu, namun pusat perbelanjaan tetap saja ramai," terangnya lagi.(MC Riau/Exa)

Berita Terkait