Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

Siak - Usai berziarah di Makam Sultan Syarif Kasim II dan shalat di Mesjid Syahabuddin, kita dapat melanjutkan perjalanan menikmati kawasan Water Front City Tepian Bandar Sungai Jantan yang sedang hits.

Water Front City Tepian Bandar Sungai Jantan ini merupakan kawasan di pinggir Sungai Siak yang asyik untuk dijadikan destinasi wisata di Kota Siak.

Apalagi di bulan Ramadhan sekarang, para pengunjung dapat ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Terlebih lagi papan nama Siak Sri Indrapura yang asyik buat foto-foto kekinian.

Cukup banyak pepohonan di kawasan ruang terbuka publik ini, sehingga suasananya cukup sejuk dan asri. Water front City Tepian Bandar Sungai Jantan ini memiliki konsep yang mengintegrasikan wisata sejarah dan budaya.

Selain itu jalanannya lebar dan asyik buat jalan-jalan seperti di Eropa. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Water front City ini mirip dengan tepian Sungai Seine, Prancis, dengan sebuah taman mungil nan cantik yaitu Jardin Tino Rossi Garden.

Di kawasan itu juga terdapat papan nama Tepian Bandar Sungai Jantan yang tak kalah menawan, dengan gazebo dengan kubah berwarna putih di sudut muara anak sungai.

Kawasan ini memiliki banyak objek yang bisa dijadikan latar pemotretan, mulai dari Istana Siak, kemudian di bagian lapangan Siak Bermadah terdapat Panggung yang digunaan saat ada acara resmi, tulisan besar Siak Sri Indrapura, dan tugu Lambang Kerajaan Siak yaitu Naga Bertangkup.

Tugu Naga Bertangkup yang merupakan lambang Kesultanan Siak Sri Indrapura ini juga menjadi pertanda Sultan Syarif Kasim II menyerahkan Kerajaan Siak ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kawasan Water Front City ini aslinya merupakan turap yang digunakan untuk mengantisipai abrasi Sungai Siak. Kawasan pinggir sungai sepanjang 800 meteran ini pun ditata agar nyaman dikunjungi wisatawan.

Pembangunan turap mulai dari depan Klenteng Tua Hock Siu Kiong hingga ke pelabuhan LLSDP Siak tidak hanya untuk antisipasi abrasi sungai, melainkan sebagai pedestrian, dengan segala fasilitas untuk para wisatawan bersantai sambil menikmati kuliner khas daerah setempat.

Dengan adanya Water Front City Tepian Bandar Sungai Jantan ini semakin menegaskan bahwa Kabupaten Siak semakin berbenah untuk dilirik menjadi daerah tujuan wisata. Pemkab Siak berharap di tahun 2017 ini jumlah pengunjung juga semakin meningkat hingga 120 ribu orang. (MC Riau/Zak)

Berita Terkait