Senin, 28 Dzulqo'dah 1438 H | 21 Agustus 2017

PEKANBARU - Menteri Perdagangan RI Enggratiasto Lukita jamin ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Indonesia, tak terkecuali Riau tetap terpenuhi. Masyarakat diminta tak risau, menjelang datangnya Idul Fitri 1438 Hijriah nanti. 

"Stok aman, jadi tak ada perlu dirisaukan. Semua kebutuhan kita jamin tersedia," kata Mendag, usai membuka pasar murah Ramadhan yang ditaja PT RAPP, Ahad (18/6/17).

Kepastian terpenuhinya kebutuhan stok sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri itu nanti setelah Mendag dan Meteri Pertanian (Mentan) meninjau pasar induk di Jakarta. 

Menurutnya, ketersediaan pasar induk di Jakarta tersebut menjadi referensi. Tidak hanya itu, harga stabil yang dikatakan Mendag tersebut bahkan cenderung turun untuk beberapa komoditi. 

"Kemarin saya bersama pak Mentan meninjau pasar induk, untuk memastikan ketersediaan pasokan. Karena seandainya di Jakarta pasar induknya itu aman, maka daerah juga pasti aman. Kalau di sana kekurangan maka daerah juga kekurangan," ungkap Mendag.

Meski telah yakin akan ketersediaan sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri. Namun Mendag rupanya telah menempatkan stafnya untuk mengawasi ketersediaan sembako, khususnya di 70 Kota yang fluktuasinya tinggi. 

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memberikan sambutan pasa pasar murah RAPP tersebut, sempat menyapa warga yang datang antri mendapatkan sembako. Selain itu, Andi (sapaan akrab Gubri) juga melaporkan harga dan kestabilan sembako di Riau. 

Secara umum, menurut Andi (sapaan akrab Gubri), tidak ada terjadi gejolak harga. Sebagian besar harga sembako stabil kecuali beberapa sembako yang mengalami kenaikan harga dibanding hari biasa seperti minyak goreng.(MC Riau/mtr)

Berita Terkait