Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

PEKANBARU --Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk SMAN 4 Pekanbaru sebagai salah satu tempat pelaksanaan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA tahun 2017. Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 2-8 Juli tahun 2017.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd menjelaskan, fasilitas yang harus disiapkan sekolah yang pertama adalah, Laboratorium Ujian Praktikum Kimia dan sudah dipilih 3 Lab (Kimia, Fisika dan Biologi). Dimana, fasilitas di ketiga Lab tersebut harus direnovasi atau diperbaiki. Kedua, ruang ujian teori, empat kelas untuk masing-masing kelas diisi 20 siswa.

"Ketiga, ruang juri dan asisten juri. Keempat, ruang pertemuan, kelima harus ada ruang kesehatan. Selanjutnya, fasilitas yang harus disiapkan ruang pendamping siswa, mushalla atau mesjid dan fasilitas toilet," jelas Nurhafni kemarin.

Lebih jauh Nurhafni menambahkan, sekolah juga harus menyediakan enam buah exhauster (pengatur volume udara yang akan disirkulasikan pada ruang). Tiga exhauster masuk dan tiga exhauster keluar. Sementara, di laboratorium kimia, diperlukan satu lemari asam (Fume Hood) untuk penyiapan reaktan bahan kimia berbahaya (pemasangan blower).

"Kita juga harus menyiapkan meja dan bangku pratikum, perbaikan kran air serta sink (bak pencuci), fasilitas sumber listrik dan penerangan,” sebutnya.

Nurhafni juga mengatakan jumlah peserta peserta OSN tingkat SMA bidang lomba kimia sebanyak 76 siswa. Sedangkan untuk juri dan asisten juri ada 20 orang. Untuk bidang yang diperlombakan adalah, Matematika, Fisika, Kimia, Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Geografi, dan Kebumian. Sementara untuk lomba bidang Kimia, Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengirimkan alat-alat kimia sebagai bahan praktikum seleksi.

Sebelum pelaksanaan lomba, lanjutnya, perwakilan dari pusat sudah turun langsung ke SMAN 4 untuk meninjau tempat pelaksanaan lomba. Seperti, Riwandi Sihombing PHD selaku koordinator OSN kimia, Ismunaryo Moirianda M.Phil sebagai pembina pusat bidang kimia, Riseiyanto dari Direktorat PSMA dan dari Kemndikbud Asep dan Rasyd.

“Insya Allah, kita sudah mempersiapkan fasilitas sesuai standar. Semoga pelaksanaan OSN di Provinsi Riau berjalan sukses dan lancar. Ini juga merupakan kebanggaan dan penghargaan kepada SMAN 4 Pekanbaru yang telah beberapa kali di verifikasi dan uji kelayakan untuk pelaksanaan OSN, akhirnya ditempatkan juga di SMAN 4 Pekanbaru. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua, khusus Warga SMAN 4, Almamater dan orang tua. Karena, ini berskala Nasional dan panitia di dalam dari guru-guru sudah kita ,” katanya. (MC Riau/mad)

Berita Terkait