Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

ROKAN HULU-Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Suparman S.Sos, M.Si, pimpin apel gelar pasukan Ramadniya Siak 2017, dengan Komandan Upacara IPTU Rudi Sudaryono di Taman Kota Pasir Pangaraian, Senin (19/6).

Di apel gelar Pasukan Ramadniya Siak 2017 dengan tema "Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Dalam Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H / 2017 Masehi".

Apel juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIk, MH, Dandim 303 KPR diwakili oleh Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Kepala PN Pasir Pangaraian Sarudi, Kepala Lapas Klas II B Pasir Pangaraian Muhammad Lukman.

‎Termasuk Waka Polres Rohul Kompol Setiawan Eko Prasetyo SIK, para Kabag, Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Rohul, serta personil gabungan dari Polres Rohul, TNI, Dishub, BPBD Rohul, dan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Rohul.

‎Bupati Suparman mengatakan, perlu fokus patroli petugas gabungan di titik-titik rawan kejahatan konvensial dan titik keramaian, sebab banyak saat ini banyak jalan lintas di Rohul, seperti dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan perbatasan dengan kabupaten/ kota di Provinsi Riau.‎

"Kita mendukung maksimal kegiatan, apapun yang berkaitan dengan operasi ini," kata Bupati.

Juga dihimbau Bupati Rohul, pemudik untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas selama di perjalanan. "Bila lelah sebaiknya istirahat, jangan dipaksakan," imbau Bupati Suparman.

Ke masyarakat Rohul yang akan mudik Lebaran, Bupati Suparman‎ juga mengimbau, agar berhati-hati saat tinggalkan rumah dalam keadaan kosong. Juga diminta memastikan seluruh pintu dan jendela dalam kondisi terkunci, mematikan listrik, dan lainnya.

Sedangkan ‎Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto menyatakan, saat ini sudah dibangun empat Pos Pengamanan Mudik Lebaran, seperti Pos Kabun, Pos Simpang Tri Brata Tandun, Pos Pasir Pangaraian, dan Pos Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai.

Di Operasi Ramadniya Siak 2017 selama 16 hari terhitung dari 19 Juni sampai 4 Juli 2017, melibatkan personel lintas sektoral, yakni personil TNI, serta instansi terkait di Pemkab Rohul seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan.

"Sesuai intruksi Kapolri, seluruh personel Polri tidak ada libur. Semua anggota Polres Rohul tetap dilibatkan dalam Ops Ramadniya Siak 2017," ungkap AKBP Yusup, di sela pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Lapangan Dataran Tinggi Pematang Baik, Pasir Pangaraian.

Kemudian titik rawan macet, AKBP Yusup mengaku, seperti pasar tumpah di Kabun, pasar tumpah di Tandun, pasar tumpah di Ujung Batu‎, dan tempat wisata.‎Kemudian, personel Polres Rohul juga akan disebarkan di titik-titik keramaian, seperti pasar, pertokoan, dan perbankan.‎

Lalu, bagi kendaraan dan barang berharga, tambah AKBP Yusup bisa dititipkan di Polres Rohul dan kantor polisi terdekat. Hal ini sudah‎ dilakukan Kepolisian beberapa tahun terakhir.

Kemudian yang lebih penting, Kapolres Rohul mengimbau, agar taati peraturan berlalulintas dan melengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraan. Pemudik juga diimbau beristirahat jika sudah mulai lelah di perjalanan.

Bupati Rohul Suparman bersama Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto usai apel,  mengecek Pos Pam Ramadniya Siak 2017 di lapangan Dataran Tinggi.(MC Riau/sal)

Berita Terkait