Minggu, 30 Ramadhan 1438 H | 25 Juni 2017

BENGKALIS-Sebanyak 2 regu pemadam kebakaran dari PT Sakato Pratama Makmur dan PT Bukit Batu Hutani Alam dari grup Sinar Mas Forestry bersama 4 regu masyarakat peduli api binaan SMF berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan milik masyarakat di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. 

Menurut Danramil Bukit Batu, Kpt. Isnanu, luas areal masyarakat yang terbakar sekitar 10 hektar dan telah berhasil dipadamkan oleh Tim Darat Gabungan TNI/POLRI, RPK PT SPM dan BBHA, MPA, Manggala Agni dan BPBD Bengkalis dan dibantu pemadaman dari udara melalui heli waterbombing Satgas Karhutla Riau dan heli Superpuma milik Sinarmas.

''Saat ini areal yang terbakar sudah kita buat sekat bakarnya agar api tidak meluas,'' ujar Danramil. 

Sementara menurut Yudhi, Fire Marshal RPK PT SPM, sudah seminggu 2 Regu RPK dari PT SPM dan BBHA serta 4 Regu MPA dari Tanjung Leban, Barak Aceh,  Bukit Sembilan dan Sepahat di bawah komando Satgas Karhutla Riau dan Danramil Bengkalis mobilisasi membantu memadamkan api dilahan masyarakat yang berada sekitar 4-6 KM dari batas luar konsesi perusahaan.

''Kita tidak ingin kebakaran merembet ke daerah konsesi perusahaan kita. Selain cuaca yang panas, juga angin yang relatif kencang,'' ujarnya.

Ditambahkan Humas SMF, Nurul Huda sebanyak 2 heli dan 1 alat berat dari mitra perusahaan Sinarmas Forestry dikerahkan untuk membantu tim darat Satgas Karhutla Riau untuk memadamkan api.(MC Riau/man)

Berita Terkait