Jumat, 26 Syawal 1438 H | 21 Juli 2017

PEKANBARU - Kekayaan adat budaya Riau memang luar biasa. Di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, misalnya, perayaan Hari Raya Enam diisi dengan ritual adat.

Acara yang disebut dengan "Jalang Manjalang" itu semakin semarak karena perayaan tahun ini dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Kampar Aziz Zaenal, anggota DPD RI Intsiawaty Ayus dan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat setempat.

Gubri dan rombongan sampai sekitar pukul 14.00 Wib. Masyarakat setempat nampak sudah menyemut, menyambut kehadiran orang nomor satu di Riau itu.

Acara diawali dengan peresmian Empat Rumah Adat Siompu Kenegerian Tanjung oleh Gubri Andi. Rumah-rumah adat ini dibangun dengan menggunakan bankeu (bantuan keuangan) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2016.

Usai acara peresmian, Gubri dan rombongan diarak bak pengantin menuju Balai Adat Desa Tanjung dengan diiringi Gubano. Tidak lupa masyarakat membawa Jambau (Jambar) untuk bekal makan bersama.

Tiba di Balai Adat, prosesi penganugerahan gelar kehormatan dari masyarakat adat Desa Tanjung kepada Gubri Andi pun dilaksanakan. Gubri Andi mendapat gelar "Datuak Panglimo Kayo".(MC Riau/mtr)

Berita Terkait