Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

SIAK- Bupati Siak Drs. Syamsuar,M.Si minta kepada Kepala Desa agar memberdayakan  seluruh komponen yang ada di Desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa  secara keseluruhan. Sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa  baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi sesuai dengan Visi Kabupaten Siak jangka menengah .

Pernyataan ini disampaikan Bupati Siak saat memberikan sambutan pada pelantikan Kepala Desa di Kecamatan Mempura.(4/10).

Menurun bupati bahwa kepala desa sebagai bagian dari pemerintahan desa, merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggara pemerintah desa." Oleh sebab itu, kepala desa agar dapat menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desanya,"pesan bupati.

Tak hanya itu lanjut bupati,  kepala desa sebagai wakil dari penduduk Desa, dia harus mampu mengayomi dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan dituntut untuk mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

Oleh karena itu, dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa, dibutuhkan kepemimpinan Kepala desa  yang mempuni yaitu yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya.

Karena itu, kepala desa dalam mengemban amanatnya memang tidak ringan. Kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat desa .

"Sehingga nantinya akan bisa mendorong tumbuhnya iklim demokratis dikalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa,"ungkapnya. ( MC Riau/nin)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB