Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

BAGAN SIAPIAPI - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rokan Hilir  mengaku tidak membatasi jumlah pelamar yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS formasi 2013 di Kabupaten Rohil, hingga Jumat (4/10), jumlah berkas lamaran CPNS di Kabupaten Rohil yang sudah diterima Tim verifikasi BKD Rohil mencapai 7 ribuan lebih.

Pihak Kantor Pos Bagansiapiapi mengaku hari terakhir penutupan penerimaan berkas pos pelamar, Jumat ini  pukul 16.00 Wib jumlah berkas yang masuk mencapai 5.472 berkas. Berkas tersebut sebahagian sudah dijemput pihak BKD."Tadi penerimaan kita tutup pukul 16.00 Wib, sekarang hanya tinggal 60 an berkas pelamar yang masih tertinggal menunggu dijemput pihak BKD,"kata Kepala Kantor Pos Bagansiapiapi Edi Mayuhardi, ketika dikonfirmasi, Jumat (4/10)

Sedangkan, Tim seleksi penerimaan CPNS Rohil terus mengkoreksi berkas calon pelamar yang masuk setiap harinya."Berkas sedang diverifikasi, Jumlahnya yang masuk sudah mencapai 7 ribuan lebih, dan bisa bertambah karena penerimaanya terakhir hari ini kata kepala BKD Rohil Roy Azlan.

Ia mengatakan, Tim verifikasi kini tengah melakukan penyeleksian berkas pelamar yang sudah masuk di Gedung Serbaguna  Bagansiapiapi. Tim yang bekerja melakukan pemeriksaan berkas dibagi menjadi tiga yakni tim verifikasi tenaga  pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Sementara hasil verifikasi berkas belum dapat diketahui hingga tim  tuntas bekerja.

Masih katanya, BKD sendiri tidak memberlakukan pembatasan berkas calon pelamar sepanjang memenuhi syarat, kreteria  yang sudah ditentukan. Namun, tidak tertutup kemungkinan bagi calon pelamar yang berada diluar Kabupaten Rohil untuk  mengikuti seleksi penerimaan CPNS tersebut."Kita sudah cantumkan dalam pengumuman harus melampirkan KTP Wilayah Propinsi Riau dan syarat ketentuan sesuai jabatan yang dipilih."sebutnya.

Mengenai berkas yang sudah diverifikasi, menurutnya, belum dapat dihitung jumlahnya hingga seluruh berkas pelamar siap diperiksa. "Kita akurasikan datanya disesuaikan dengan syarat yang sudah dicantumkan kalau memang peserta calon  pelamar tidak memenuhi syarat sudah pasti tidak akan lolos dalam seleksi administrasi,"ujarnya.

Para pelamar CPNS yang mengirimkan berkas lamaran melalui kantor Pos Bagansiapiapi terlihat  membludak. Para pelamar pun berbaris panjang menunggu antrian memasukan berkas lamaran mereka. Petugas kantorpos pun terlihat kewalahan melayani jumlah pelamar yang sudah mengantri sejak pukul 08.00 Wib.

Sebelumnya diketahui penerimaan berkas CPNSD secara resmi diumumkan terhitung tanggal 27 September hingga 4 Oktober 2013 melalui stempel cap pos. Sementara, struktur bidang yang dibuka terdiri dari tenaga pendidik sebanyak 86 orang, tenaga kesehatan 65 orang, tenaga teknis 65 orang dengan total 217 orang

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rohil juga membuka kesempatan bagi calon pelamar tamatan SMA untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) formasi 2013 di Kabupaten Rohil, spesifikasinya dimasukan dalam kategori tenaga teknis.

Roy menambahkan, dalam proses pelaksanaan ujian, BKD melibatkan dinas pendidikan, tenaga pendidik sebagai pengawas lokal, sebab penerimaanya sendiri sudah diserahkan pusat ke daerah. Lebih lanjut, jelas Roy, untuk pengawas ujian BKD sudah bentuk tim seleksi melibatkan guru sebagai pengawas.

"Antisipasi kecurangan kita libatkan guru sebagai tim pengawas, waktu pelaksaan dan lokasi dapat dilihat nantinya dipengumuman ditempat yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Masih katanya, menyangkut pengadaan soal  ujian, BKD selaku penyelenggara hanya diberikan master soal untuk kemudian diperbanyak/digandakan. Dalam hal ini SOP nya sangat ketat dari percetakan dengan melibatkan pihak kepolisian."Sudah ada SOP-nya, master soal dapat dibuka dengan menggunakan kata sandi, kita tetap utamakan transparansi mengantisipasi kecurangan." tambahnya.

Selain itu, lembar jawaban peserta yang sudah dikumpulkan usai ujian langsung dibawa kepropinsi guna dilakukan pemeriksaan, hasilnya dibawa ke pusat untuk dilakukan pemeriksaan dari Panitia seleksi nasional "Kita hanya sebagai pusat penyelenggara. Ujian ini juga berlaku bagi honorer karena tidak ada lagi pengangkatan sesuai kebijakan nasional,"jelasnya.media. (MC Riau/ayu)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB