Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

BENGKALIS –  Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bengkalis secara rutin akan memantau kualitas air bersih yang disalurkan ke rumah-rumah warga. Hal itu untuk memastikan agar kualitas air yang sampai ke rumah memiliki tingkat kejernihan standar PDAM.

“Artinya macam mana jernihnya air yang kita salurkan, maka seharusnya seperti itu pulalah kualitas air yang diterima oleh konsumen,” ujar Kepala Cabang PDAM Bengkalis, Yunus Zainal kepada wartawan, Jumat (4/10) kemarin.

Tidak tertutup kemungkinan, sambung Yunus, mulai dari resouce  ke pelanggan, kualitas air mengalami penurunan, misalnya sedikit keruh. Hal itu terjadi lantaran ada pipa-pipa yang kotor.

Dalam kondisi air tidak menglir atau tekanan berkurang, akibat listrik padam misalnya, akan terjadi penempelan kotoran di sepanjang pipa. Selanjutnya, ketika terjadi tekanan air yang sangat kuat maka kotoran tersebut akan teraduk dan terbawa hingga ke para pelanggan.

“Itu sebabanya kadang-kadang ada pelanggan yang mengeluh kok air mereka kotor. Padahal dari sumbernya sendiri kita pastikan tidak ada masalah, air jernih,” katanya.

Mengatasi hal tersebut, sambung Yunus, PDAM akan membuat titik pembuangan di sejumlah tempat strategis, seperti di ujung, karena pipa yang berada di ujung sangat rentan dengan terjadinya pengendapan. “Ketika dari hasil pantauan atau pun adanya pengaduan warga air di daerah mereka keruh, maka kita akan cek di titik pembuangan.

Disini air yang keruh akan kita buang sampai air benar-benar jernih.  Baru setelah air jernih, titik pembuangan ini kita tutup kembali,” papar Yunus. (MC Riau/din)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB