Rabu, 16 Jumadil Akhir 1443 H | 19 Januari 2022

PEKANBARU -- Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr H Mubarak MSi menyebut kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) merupakan bagian dari pembentukan Mahasiswa yang berkarakter, memiliki sikap peka dan peduli terhadap lingkungan.

Hal itu disampaikan Rektor Mubarak saat membuka kegiatan materi ruangan Pendidikan Dasar Cinta Alam IV (PDCA IV Mapala) UMRI Jumat (21/10). Pembukaan PDCA IV Mapala ini ditandai dengan pemasangan belacu kepada peserta PDCA IV Mapala UMRI.

Rektor dalam kesempatan itu berpesan agar mahasiswa selalu menjaga dan melestarikan alam lingkungan dimana pun berada. Mahasiswa pencinta alam ini berbeda dengan unit organisasi yang ada di Kampus ini. Mapala akan membentuk mahasiswa yang berkarakter dan mempunyai sifat yang cinta akan lingkungan.

"Bapak ingin adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam Mapala ini bisa menjadi contoh membangun karakter kepribadian yang baik. Bisa berkarya untuk nama baik kampus. Ubahlah image bahwa mahasiswa Mapala lama dalam menamatkan pendidikan tapi bagaimana bisa mempercepat tamat kuliah” kata Rektor, di halaman Kampus I UMRI Jalan K.H Ahmad Dahlan Pekanbaru.

Rektor juga mengapresiasi perekrutan calon mahasiswa Mapala mulai dari pendaftaran seleksi, hingga penerimaan mahasiswa Mapala. Unit organisasi Mapala UMRI agar terus membuat program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Misalnya, bekerja sama dengan Badan Penagulangan Bencana Alam dalam mengatasi banjir di Pekanabaru."Dalam menjalan sebuah organisaai kita tidak bisa mengandalkan dana kampus namun juga harus mengadalkan dana pemerintah dan swasta melalui program yang dibuat. Oleh karena itu buat program kegiatan Mapala ini untuk kepentingan mesyarakat banyak,” kata Mubarak.

Ketua panitia PDCM IV Mapala UMRI, Fitriani mengatakan materi ruangan Pendidikan Dasar Cinta Alam IV Mapala UMRI ini setiap tahun dilakukan guna mencari penerus generasi Mapala UMRI. Sebelumnya, pembukaan pendaftaran calon mahasiswa Mapala ini sudah dilakukan tanggal 19 September hingga 6 Oktober. Perekrutan calon mahasiswa Mapala juga melakukan berbagai tes baik fisik, kesehatan dan wawancara hingga terpilih 20 orang terdiri 7 orang laki dan 13 perempuan.

"PDCM ini akan berlangsung selama  3 minggu. Setelah PDCM ini selesai dilanjutnya Diksar Lapangan yang akan mengambil lokasi di Tanjung Belit Lipat Kain akhir November mendatang," kata Fitriani.

Sementara, Ketua Umum Mapala UMRI Rio Andika Eka Putra mengatakan sebelum calon siswa ditetapkan sebagai siswa terlebih dahulu harus mengikuti materi ruangan PDCM sebelum kelapangan.

”Banyak materi yang harus diberikan kepada calon mahasiswa Mapala sebelum meraka betul betul menjadi.mahasiswa pencinta alam,” kata Rio.

Ikut hadir pada acara pembukaan Materi ruangan Pendidikan Dasar Cinta Alam IV  (PDCA IV MAPALA UMRI) Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III UMRI, Dekan Hukum dan senior mahasiswa pencinta alam UMRI.(MC Riau/mad)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Bangganya Wagubri Saat Panen Padi Lahan Kering

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:57:02 WIB

Eksisting Mangrove di Riau Mencapai 224.895 Hektar

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:19:38 WIB

Ini Jurus Gubri Syamsuar Antisipasi Varian Omicron

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:54:38 WIB

Danrem: Setetes Darahmu, Kesempatan Hidup Bagi Saudaramu

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:19:10 WIB

Kemenag Riau : Belum Ada Pemberhentian Perjalanan Umrah

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:23:39 WIB