Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021

ROKAN HULU - Badan penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berusaha menjadi yang terbaik dalam penanggulangan bencana di Riau. Upaya itu dimulai dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk latihan bersama dengan Basarnas Pekanbaru. 

"Latihan itu, melibatkan Tiga intruksur Basaranas Pekanbaru dan Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI) Riau, sedangakan dari BPBD Rohul terdiri dari TRC 25 orang, Damkar 23 orang dan Anggota BPBD 15 orang.," kata Kepala Pelaksanaan Harian Operasi Basarnas Pekanbaru Kornelis kepada wartawan, Jumat (7/2).

Ia mengatakan, dalam memberikan pertolongan jadi Basarnas dan BPBD Rohul harus bisa menyamakan presepsi dalam menanggulangi bencana, misalnya kalau tenggelam harus menyelam, kalau hanyat harus bisa berenang. 

"Kami akan memberikan pelatihan Water Rescue (WR), Medicalm First Respondent (MPR). Ini pertolongan bencana banjir dan berkaitan dengan air, sedangkan untuk bencana longsor bisa melakukan Colaps Structur (Bisa mendeteksi keberadaankorban lonsor tertimbun tanah-red)," kata Kornelis. 
"Jangan sampai kita mau menolong, malah kita harus ditolong orang. Jadi jika ada bencana kita harus dulu mengedepan septi sebelum bertindak," katanya lagi.

Kornelis Kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana ST MT menyampaikan, tujuan latihan bersama ini untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan. 
Seluruh anggota BPBD harus siap mengadopsi dan menggali ilmu dari Basarnas, sebab komitmen BPBD Rohul untuk menjadi yang terbaik di Riau pada 2016. 

"Kami sudah punya tiga unit alat penyelam, sedangkan untuk kebakaran juga menyiapakan Refil (racun api-red), kami juga sudah bisa lakukan isi ulang racun api," kata Aceng.

Ia menambahkan, pihaknya dengan  Basarnas Pekanbaru akan bersinergi, sehingga nanti memberi dampak pada masyarakat, kemudian bisa menyatukan visi misi, pelaksanaannya di lapangan bisa lebih efektif efesien.(MC Riau/hr) 

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB