Sabtu, 26 Jumadil Akhir 1443 H | 29 Januari 2022

SELATPANJANG - Aparat gabungan Dinas Kehutanan dan Polres Kepulauan Meranti, Riau, berhasil mengamankan kapal bermuatan 4.000 batang teki (kayu bakau) saat melintas di Perairan Sungai Perumbi, Kecamatan Tebingtinggi Barat yang diduga akan diseludupkan ke luar negeri.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, didampingi Wakapolres, Kompol STP Manulang SH, Kasat Reskrim, AKP Antoni Lumban Gaol SH MH dan Kabid Perlindungan Hutan Dishutbun Kepulauan Meranti, T Efendi, Jumat (28/) mengungkapkan, kapal itu ditangkap berkat informasi dari masyarakat.

“Berhasil diamankan satu kapal dari TKP Sungai Perumbi Tebingtinggi Barat, yang berisikan 4000 batang kayu bulat kecil (KBK) atau lebih dikenal kayu bakau yang diduga akan diselundupkan ke luar negeri. Kapal itu saat ini telah diamankan di Pos Polair Selatpanjang,” kata Pandra.

Kronologis penangkapan, jelasnya, kapal tanpa nama tersebut ditemukan di Desa Mantiasa beberapa ratus meter arah ke dalam Sungai Perumbi. Sekitar pukul 21.30 Wib Kamis malam. Saat dekati petugas, ditemukan kapal tersebut sudah ditinggalkan awaknya alias tanpa nakhoda.

“Kita menemukan dalam keadaan kosong. Namun, ada bukti bahwa kapal itu baru saja ditinggalkan pergi, pasalnya ada bekas mereka bikin teh dan itu masih hangat. Diduga kayu-kayu ini akan diseludupkan ke luar negeri,” jelas Kapolres.

Pantauan wartawan di dekat Pos Polisi Air Selatpanjang, bodi kapal tanpa nama itu berwarna hitam, rumah kapal berwana hijau, dan dipenuhi kayu bakau (teki, red). Saat ini kapal sudah diamankan di Selatpanjang, dan nama pemilik kapal juga sudah dikantongi Polisi. (MC Riau/san)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB