Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021

SELATPANJANG - Masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di dalam
hutan yang merugikan orang lain seperti penggunaan alat menghasilkan api yang saat ini rentan menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla), demikian Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi mengimbau.

"Kamimengimbau kepada semua masyarakat Kepulauan Meranti agar tidak melakukan aktivitas di dalam hutan yang bisa merugikan orang lain," kata Pandra kepada pers di Selatpanjang, akhir pekan lalu.

Ditambahkan mantan 'Abang Jakarta' tahun 1991 itu, yang dimaksud dengan aktivitas di dalam hutan yang bisa merugikan orang lain itu seperti menangkap lebah menggunakan asap dari pembakaran, atau membuat api unggun saat menunggu jebakan babi untuk mengusir nyamuk.

"Tidak hanya itu, membuat minuman gunakan bara api dari tumpukan kayu atau ranting, atau gunakan asap untuk mengeluarkan trenggiling, itu sangat merugikan kalau sampai menyebabkan karhutla," kata Pandra.

Dijelaskan Pandra pula, apalagi saat ini cuaca cukup ekstrim kemarau panjang dan dari data BMKG saat ini angin bertiup kencang dari timur laut ke barat laut mengarah ke wilayah Sumatera.

Namun, sebaliknya sekitar bulan April hingga Mei angin dari Barat laut ke Timur laut mengarah ke Singapura dan Malaysia. "Nanti kita pasti dikomplain karena penyebab ekspor asap," ujarnya.

Kemudian ditambahkan Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, AKP Antoni L Gaol SH MH, kebakaran yang terjadi di Desa Lemang, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat ini masih terjadi, disebabkan dari api yang digunakan warga saat mengambil madu lebah. (MC Riau/san)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB