Ahad, 18 Rabiul Awwal 1443 H | 24 Oktober 2021

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi, Selasa (4/3) siang membuka secara resmi ekspor perdana timah di Desa Topang, Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

"Dalam ekspor perdana ini, PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) selaku pengekplorasi dan pencetak akan mengekspor sebanyak 100 ton," kata Irwan dalam sambutan diacara itu.

Irwan mengaku bersyukur apa yang dilakukan selama ini dalam mensukseskan usaha pertambangan timah di Kabupaten termuda di Riau itu membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.


Ia juga mengatakan, proses yang dilalui baik PT WPJ maupun Pemkab Kepulauan Meranti tidaklah mudah. Mulai dari perizinan hingga sampai ke pengeksporan hasil itu memakan waktu selama lebih kurang 4 tahun.


“4 tahun mulai perizinan sampai saat ini, ini memang membutuhkan kerja keras dan kesungguhan yang luar biasa karena banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui,” kata Irwan.


Irwan juga mengatakan, ini akan dijadikan sebagai tonggak sejarah untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.


“Dulu banyak pihak menyangsikan peleburan dan permurnian (smelter, red) timah di Kepulauan Meranti. Tapi hari ini kita membuktikan bahwa Kabupaten kita bisa,” tambah Irwan lagi.


Disamping itu, orang nomor 1 di Kepulauan Meranti ini juga berharap dengan adanya smelter timah akan bisa mengatasi pengangguran di Pulau Topang. Perusahaan diminta bermitra dengan masyarakat, dan masyarakat diminta sama-sama menjaga aset perusahaan dan menjaga keamanan di kampung.


“Kita harap dengan ini pengangguran bisa diatasi dengan maksimal. Perusahaan harus bermitra dengan baik ke masyarakat, sehingga manfaat perusahaan dapat dinikmati dengan baik pula oleh masyarakat. Mudah-mudahan dengan kehadiran PT WJP ini akan bermanfaat pula pada pendapatan APBD, dan ekonomi masyarakat kita,” ungkap Irwan lagi.


Akhirnya, tepat pukul 12:27 WIB ekspor perdana timah dilepas secara resmi. Pembukaan ini juga diikuti dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi pada batangan timah siap ekspor.


Turut hadir pada siang itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Hafizoh SAg, Kadistamben Meranti, H Herman, Ketua Yayasan Pejuang Meranti, Ramlan, Ketua LAMR Meranti, H Ridwan Hasan, Ketua MUI Meranti, Nizam Munadi, dan pihak PT WJP serta beberapa pihak dan undangan lainnya. (MC Riau/san)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB