Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024

PELALAWAN - Sampai saat ini, permasalahan tapal batas wilayah antara Kabupaten Pelalawan dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, belum tuntas mengingat belum ada hasil pelacakan titik koordinat tapal batas kepihak provinsi dari Inhu.
"Sementara itu, dalam hasil musyawarah di tingkat Provinsi Riau menyebutkan, bahwa kesepakatan tersebut dapat dibuat setelah masing - masing kabupaten melakukan pelacakan titik koordinat tapal batas wilayah sesuai versinya masing - masing kabupaten," kata Asisten Bidang Pemerintahan Drs Hadi Penandio SSos MSi didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kabupaten Pelalawan Drs Novri Wahyudi, Selasa (4/3) di Pangkalan Kerinci.

Menurut Hadi Penandio, bahwa untuk Kabupaten Pelalawan hasil pelacakan titik tapal batas sudah selesai dilakukan dengan melibatkan dinas maupun badan dan instansi terkait. Sedangkan kabupaten Inhu, hingga saat ini belum ada informasi kesiapan hasil pelacakan titik tapal batas yang dibuat menurut versi Inhu.

Hadi yang juga mantan Kabag Tapem ini menjelaskan, dari hasil pelacakan titik tapal batas versi Pelalawan yakni berjarak 800 meter dari tugu yang ada saat ini.

"Jika nantinya titik tapal batas ini akan menjadi masalah dari provinsi yang nantinya akan menyampaikan bahwa titik tapal batas ini akan dibagi dua, maka nantinya titik tapal batas Pelalawan-Inhu hanya berjarak 200 meter yakni perbatasan di tugu yang berada di keamatan Ukui 2. Untuk itu, saat ini kita masih menunggu keputusan Pemprov Riau," katanya.

Namun demikian, sambung Asisten 1 ini, bahwa kesepakatan tata batas yang nantinya dibuat tetap tidak akan menghilangkan hak masyarakat seperti kepemilikan tanah dan lahan.

"Hanya saja nantinya akan ada pemutihan dan pemindahan adiministrasi saja dari Pelalawan ke kabupaten Inhu. Begitu juga soal aset, baik aset Pelalawan yang masuk ke Inhu akan tetap menjadi milik Pelalawan begitu juga sebalikya," kata dia.

Selain tapal batas Pelalawan-Inhu, saat ini ada beberapa titik penyelesaian yang masih rumit dan harus terus diupayakan penyelesaiannya seperti salah satunya tapal batas antara Pelalawan  - Siak yang masih belum menemukan titik kesepakatan.
 
Memang beberapa waktu lalu, kata dia, tapal batas antara Pelalawan -Siak telah dilakukan kesepakatan yang difasilitasi oleh Pemprov Riau, dan bahkan hasil pembahasan tersebut telah dikeluarkan Pergub mengenai tapal batas antara kedua kabupaten bertetangga ini.

"Namun, hingga saat ini Pemkab Siak masih belum menyetujui keputusan Pergub tersebut karena Pemkab Siak mengklaim masih ada beberapa titik daerah yang masuk kekabupaten Pelalawan. Untuk itu, saat ini kedua tim tapal batas dari Pelalawan - Siak masih terus melakukan pelacakan tapal batas masing - masing kabupaten," katanya.

Berbeda dengan kabupaten Inhu dan Siak, lanjut dia, batas wilayah antara Kabupaten Pelalawan dengan Kampar, hingga saat ini masih menjadi penyelesaian tapal batas yang cukup rumit. Namun demikian, hingga saat ini Pemkab Pelalawan masih terus melakukan pelacakan terutama di Kecamatan Langgam dan Bandar Sei kijang.

" Batas wilayah antara Kabupaten Pelalawan dengan Kampar merupakan salah satu titik yang belum disepakati dan perlu ditindak lanjuti," tandasnya.

Namun demikian, tambahnya lagi, saat ini penyelesaian masalah tapal batas wilayah antara kabupaten Pelalawan dengan Indragiri Hilir (Inhil) telah menemui titik kesepakatan. Pasalnya, kedua tim tata batas dikedua kabupaten tersebut telah menyetujui dan sepakat terkait permasalahan tapal batas kedua kabupaten tersebut.

Alhamdulillah, kata dia, untuk penyelesaian tapal batas antara Pelalawan dengan Inhil telah tuntas dan telah menumui titik kesepakatan. Pasalnya, belum lama ini tapal batas antara Pelalawan - Inhil telah diteken kedua Bupati dan telah dilakukan
kesepakatan yang difasilitasi oleh Pemprov Riau.

"Bahkan, berita acara kesepakatan serta peta tapal batas wilayah kedua kabupaten ini telah ditekan oleh Gubernur Riau. Jadi, saat ini tapal batas wilayah antara Pelalawan-Inhil hanya tinggal menunggu Permendagri saja. Dan tentunya kita optimis akan menuntaskan penyelesaian semua permasalahan tapal batas di kabupaten Pelalawan ini secepatnya," katanya. (MC Riau/lin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB