Sabtu, 17 Rabiul Awwal 1443 H | 23 Oktober 2021

SELATPANJANG - Kebakaran hutan dan lahan sampai saat ini masih saja terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. kali ini melanda lahan kebun sagu di pinggir perairan Selat Air Hitam tepatnya di lokasi bekas Desa Bangsal Sagu Anak Ayam, Kecamatan Tebingtinggi Timur.

Pantauan wartawan, Selasa (4/3) ketika melintasi perairan itu, kebakaran terjadi dan mulai melahap kebun sagu itu. Dari jauh juga sudah terlihat asap membumbung tinggi.

Terlihat satu pompong kecil berisikan tiga orang sedang berupaya memadamkan api menggunakan mesin robin.

Menurut Camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi SE MSi, lokasi kebakaran tersebut bernama Anak Ayam bekas Bangsal Sagu Anak Ayam. Bangsal sagu tersebut ditinggalkan pemiliknya lantaran pernah terperosok sebanyak dua kali.

“Bangsal itu pernah terperosok (turun, red) seperti ada sesuatu yang turun ke laut menyebabkan dasarnya menjadi kosong dan membuat bangsal terperosok,” kata Helfandi.

Ditambahkan Helfandi lagi, bangsal sagu itu tidak sekali terperosok, melainkan dua kali. Setelah terperosok pertama, pihak pengelola memperbaiki lagi, lalu sekitar akhir tahun 2011 atau awal 2012 lalu, bangsal tersebut kembali terperosok, dan membuat bangsal sagu ini harus ditinggalkan pemiliknya.

“Menurut pengusaha bangsal sagu itu sesuatu yang kurang bagus makanya ditinggalkan. Dua kali tenggelam, tenggelam kedua sekitar dua tahun lalu,” ujar Helfandi lagi.

Kebakaran di Anak Ayam ini menambah daftar panjang karhutla di Kepulauan Meranti yang sudah terjadi sejak sebulan yang lalu. Sebelumnya, ribuan hektar kebun sagu juga terbakar di 3T yaitu milik PT Nasional Sago Prima (NSP), selain itu karhutla juga melanda di beberapa kecamatan lainnya. (MC Riau/san)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB