Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yang baru berusia lima tahun dinobatkan menjadi pelabuhan muatan ekspor timah ke 5 se Indonesia.

Pencapaian ini setelah Pemkab Kepulauan Meranti beserta PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) melakukan lobi dan meminta izin kepada pemerintah pusat agar timah Kepulauan Meranti bisa dijual ke luar negeri lewat pelabuhan sendiri.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kepulauan Meranti, Herman SE MT, pada saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan ekspor perdana timah Meranti di Desa Topang, Kecamatan Rangsang, Selasa (3/3).

Kata Herman, selama ini di Indonesia hanya ada 4 pelabuhan muatan untuk ekspor timah. Dimana 2 pelabuhan muatan ekspor timah di Bangka dan 2 di Kepri. "Mulai hari ini kita mengekspor timah dari pelabuhan sendiri, Pelabuhan muatan Selatpanjang. Kita menjadi pelabuhan yang ke lima," kata Herman dalam sambutannya itu.

Adapun lima pelabuhan yang memiliki izin ekspor ke luar negeri tersebut, diantaranya Pelabuhan muatan Muntok dan Pangkal Balam di Bangka Belitung, Pelabuhan Rempak dan Kundur di Kepri, dan Pelabuhan Selatpanjang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara itu, dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, dalam acara yang sama, Ia mengucapkan syukur atas apa yang menjadi capaian baru bagi Pemkab Kepulauan Meranti ini.

"Atas nama pemerintah dan juga masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, mengucapkan syukur kepada Tuhan dan pihak PT WPJ, yang sudah berhasil mengolah timah Meranti hingga proses ekspor," kata Bupati Kepualaun Meranti, Irwan Nasir, saat meresmikan Launching Ekspor Perdana serta Peresmian Pabrik Peleburan dan Pemurnian Timah PT WPJ, di Desa Topang, Kecamatan Rangsang.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Riau, Johar Firdaus, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Hafizoh, Kapolres AKBP Pandra Arsyad, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Herman, Ketua MUI, Nizam Munadi, Ketua LAM, Ridwan Hasan, sejumlah Kepala Instansi Vertikal di Kepulauan Meranti, jajaran Direksi PT WPJ, serta ratusan masyarakat Desa Topang. (MC Riau/san)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Satlantas Polres Meranti Tertibkan Pengendara Tak Pakai Masker

Selasa, 07 September 2021 | 23:29:16 WIB

Nakes di Kepulauan Meranti Mulai Vaksinasi Booster

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:16:09 WIB

Polres Meranti Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:44:38 WIB

Di Meranti, Langgar Prokes Didenda Hingga Rp500 Ribu

Ahad, 25 April 2021 | 21:36:15 WIB