Selasa, 21 Safar 1443 H | 28 September 2021

ROKAN HULU - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, menemukan berbagai pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh calon legislatif (caleg).

Ketua Panwas Rohul Suherman SAg kepada pers, Kamis (6/2) mengatakan, salah satunya yakni pelanggaran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 17 dan 15 tahun 2013 tentang Alat Peraga Kampanye (APK).

Dalam aturan ini menurut dia jelas disebutkan, APK hanya boleh dipasangkan dalam satu satu zona, dimana kata-kata di tempat pribadi adalah mengartikan rumah caleg bersangkutan dan bukan di rumah-rumah warga.

"Jadi kalau itu dibiarkan otomatis udah melanggar Peraturan KPU," katanya.

Sebelumnya seorang caleg Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir dan Bangun Purba, Sarkawi SE mendatangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rohul.

Kedatangan Caleg ini untuk mempertanyakan Surat Edaran (SE) KPU Pusat perihal kampanye.

Sarkawi mengatakan, adapun edaran KPU Pusat perlu penjelasan bagi peserta pemilu sesuai Surat Edaran Nomor : 664/KPU/IX/2013 perihal Kampanye, ditujukan pada KPU/KIP provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia pada point tujuh masih multi tafsir dan membuat konflik di tengah-tengah masyarakat.

"Point tujuh itu berbunyi " alat peraga dapat dipasang di tempat pribadi sepanjang diletakkan di dalam halaman atau pada bangunan" sebab di Rohul banyak Alat Peraga Kampanye (APK) ditertibkan dirumah-rumah masyarakat meski itu sudah mendapat izin dari pemilik rumah," katanya.

Sarkawi berjanji tetap akan mendatangi kantor KPU Rohul dengan 10 Caleg lainnya untuk mempertanyakan kalimat-kalimat surat edaran KPU tersebut, sebab banyak para Caleg kecewa APK tak bergambar semua disikat habis Panwaslu Rohul meski sudah mendapat izin dari pemilik rumah dan berada di dalam pagar.

"Kita butuh biaya membuatnya, itu tidak gratis-gratis saja, bayangkan satu spanduk itu butuh dana Rp 300 ribu, kalau memang salah tidak masalah, kita hanya butuh penjelasan dari edaran KPU tersebut, apa maksudnya itu," kata Sarkawi. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita Terkait

BKSDA Riau Evakuasi Siamang dari Pasutri di Rohul

Kamis, 29 Juli 2021 | 13:18:20 WIB

4 Nakes Pinere RSUD Rohul Terpapar COVID-19

Ahad, 27 Juni 2021 | 11:11:07 WIB

Warga Rokan Hulu Antusias Ikuti Vaksinasi Massal

Ahad, 27 Juni 2021 | 10:43:55 WIB

SK Pj Bupati Rohul Masih Diproses di Kemendagri

Senin, 17 Mei 2021 | 14:38:17 WIB