Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

SELATPANJANG - Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Kepulauan Meranti, Riau, Ishak Izrai, mengimbau seluruh warga "Nahdiyin" untuk melakukan Shalat Istisqa untuk meminta hujan kepada Allah agar kebakaran lahan segera padam.

"Saya mengimbau seluruh warga Nahdiyin yang ada di Kepulauan Meranti untuk bisa melakukan sholat istisqa dan berdoa kepada Allah agar menurunkan hujan. Secara luas tentunya kepada seluruh umat islam yang ada di Kepulauan Meranti," kata Ishak, Rabu, (5/3).

Kurang lebih sudah 4 bulan hujan tidak turun di Kepulauan Meranti, sehingga menyebabkan kekeringan sumber air dan semakin memperburuk kebakaran hutan dan lahan yang kini sedang meluas.

"Tidak ada cara lain, kita harus berdoa dan memohon kepada Allah untuk diturunkan hujan segera. Karena musim kemarau sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan," katanya.

Terkait memobilisasi umat muslim lebih ramai untuk melakukan sholat istisqa secara berjamaah di Selatpanjang, Ishak mengatakan itu menjadi gawenya Pemda.

"Itu sudah pernah dibahas, namun saya tidak tahu keputusannya. Yang jelas kita coba menghimbau warga dulu, dan kalau memang Pemda melaksanakannya kita siap mendukung," Kata Ishak, yang juga Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti itu.

Berdasarkan pantauan, Kepulauan Meranti saat ini sedang dilanda musim kemarau. Warga tampak harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu kekeringan, juga memperparah kebakaran hutan dan lahan perkebunan. Kebakaran tidak bisa dipadamkan karena minimnya sumber air yang tersedia. (MC Riau/san)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Satlantas Polres Meranti Tertibkan Pengendara Tak Pakai Masker

Selasa, 07 September 2021 | 23:29:16 WIB

Nakes di Kepulauan Meranti Mulai Vaksinasi Booster

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:16:09 WIB

Polres Meranti Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:44:38 WIB

Di Meranti, Langgar Prokes Didenda Hingga Rp500 Ribu

Ahad, 25 April 2021 | 21:36:15 WIB